Rabu 06 Jul 2022 16:32 WIB

Fakta Mikroplastik, Ada di Mana-Mana, dari Pantai Hingga Tubuh Manusia

Manusia meninggalkan pecahan plastik kecil di seluruh bumi.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi mikroplastik.
Foto:

Menghirup plastik selama bertahun-tahun

Para peneliti menemukan mikroplastik di jaringan plasenta dari ibu dan janin pada tahun 2021. Menyatakan "keprihatinan besar" tentang efek potensial pada perkembangan janin. Tapi khawatir tidak sama dengan risiko yang diketahui.

"Jika Anda bertanya kepada ilmuwan apakah ada efek negatif, dia akan menjawab 'Saya tidak tahu'," kata Bart Koelmans, profesor Ekologi Perairan dan Kualitas Air di Universitas Wageningen.

Satu hipotesis yang diketahui adalah bahwa sindrom tertentu yang merusak kesehatan manusia dapat disebabkan oleh mikroplastik.

Meskipun para ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa plastik ada di dalam tubuh, ada kemungkinan bahwa orang telah menelan plastik melalui makanan, minuman, dan pernapasan selama bertahun-tahun.

Menurut analisis mengejutkan yang dirilis pada tahun 2019 oleh badan amal lingkungan WWF, manusia dapat mengkonsumsi dan menghirup hingga lima gram plastik setiap minggu, yang cukup untuk menghasilkan kartu kredit.

Koelmans, yang mempertanyakan metode dan temuan penelitian, menentukan bahwa jumlahnya lebih mirip dengan sebutir garam.

"Selama seumur hidup, sebutir garam per minggu masih cukup bagus," katanya kepada AFP.

Meskipun studi kesehatan pada manusia belum dibuat, toksisitas pada beberapa hewan hanya menambah kekhawatiran.

"Mikroplastik kecil yang tidak terlihat dengan mata telanjang memiliki efek merusak pada semua hewan yang telah kami pelajari di lingkungan laut, atau di darat," kata Ghiglione.

Ia melanjutkan, berbagai senyawa yang terkandung dalam bahan tersebut, seperti flame retardant, stabilizer, dan pewarna, dapat berdampak pada pertumbuhan, metabolisme, tekanan darah, gula darah, dan bahkan reproduksi.

Menurut peneliti, pelanggan harus mengambil sikap "hati-hati" dan mengurangi pembelian barang dalam kemasan plastik, terutama botol. PBB memulai proses awal tahun ini untuk membuat perjanjian yang mengikat secara hukum untuk mengatasi krisis plastik global.

Selain krisis keanekaragaman hayati dan iklim, ia telah memperingatkan bahwa dunia juga mengalami bencana polusi.Sementara implikasi kesehatan dari plastik tidak diketahui, para ilmuwan mengetahui dampak polusi udara dalam dan luar ruangan, yang diperkirakan oleh para ahli dari The Lancet Commission tentang polusi dan kesehatan menyebabkan 6,7 juta orang menderita kematian dini pada tahun 2019.

Pada 2019, ada 460 juta ton plastik yang dikonsumsi, dua kali lipat dari 20 tahun sebelumnya. Hanya 10 persen yang didaur ulang.

Pada tahun 2060, produksi tahunan plastik yang berasal dari bahan bakar fosil diperkirakan akan mencapai 1,2 miliar ton, dengan limbah diperkirakan mencapai satu miliar ton, menurut data yang dirilis bulan lalu oleh Organisasi untuk Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi.

 

"Orang tidak bisa berhenti bernapas, jadi bahkan jika Anda mengubah kebiasaan makan Anda, Anda masih akan menghirupnya," kata Koelmans.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement