Selasa 28 Jun 2022 17:29 WIB

Bisa Jadi Sarang Jamur, Begini Cara Membersihkan Mesin Cuci

Jamur dan lumut di mesin cuci adalah penyebab mesin pengap dan pakaian apek.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Mesin cuci (iustrasi)
Foto:

Cara terbaik untuk membunuh jamur dan bakteri di mesin cuci: 

1. Mulailah dengan mengenakan sarung tangan dan gunakan handuk yang tidak terpakai.

2. Campurkan larutan pemutih dan air panas  atau cuka dan air panas. Jangan pernah mencampur pemutih dan cuka bersama-sama, karena menghasilkan gas klorin yang bisa berbahaya bagi Anda.

3. Celupkan handuk ke dalam campuran dan mulailah menggosok pada permukaan yang terlihat. Pastikan untuk menekan dispenser deterjen dan di sekitar gasket.

4. Jika ada gasket di sekitar pintu (mesin cuci bukaan depan) bersihkan dan keringkan dengan hati-hati dan menyeluruh, termasuk semua lipatannya.

5. Jalankan siklus pencucian pada pengaturan terpanas yang ditawarkan mesin Anda dengan secangkir pemutih atau cuka. (Tidak bersamaan). Jika menggunakan pemutih, tuangkan ke dalam wadah khusus untuk pemutih. 

Jika menggunakan cuka, tuangkan ke dalam slot deterjen. Jika mesin Anda memiliki siklus pembersihan sendiri, Anda dapat menggunakan pengaturan itu. Ini akan membunuh jamur tersembunyi yang mungkin Anda lewatkan.

6. Selanjutnya, gunakan handuk lama lainnya dan bersihkan semua kelembapan di mesin cuci Anda.

7. Biarkan pintu mesin cuci Anda terbuka untuk memungkinkan sirkulasi udara mengeringkan bagian yang Anda lewatkan. Melakukan ini setiap bulan akan membantu mencegah pertumbuhan jamur.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement