Ahad 19 Jun 2022 02:43 WIB

Ilmuwan Temukan Populasi Beruang Kutub HIdup di Habitat yang tak Lazim

Beruang kutub diperkirakan kan punah pada akhir abad ini karena perubahan iklim.

Rep: MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi beruang kutub. Beruang kutub diperkirakan kan punah pada akhir abad ini karena perubahan iklim.
Foto:

 

Menurut Daftar Merah International Union for Conservation of Nature (IUCN), beruang kutub terancam punah dan hanya sekitar 36.000 individu yang tersisa di alam liar. Namun, penelitian lain memperkirakan bahwa karena efek perubahan iklim, spesies ini mungkin punah pada akhir abad ini.

Karena fjord tempat tinggal beruang kutub tenggara terletak di ujung selatan Lingkaran Arktik, wilayah ini bebas es laut selama lebih dari 250 hari per tahun. Menurut para peneliti, kondisi es laut ini mirip dengan perkiraan untuk sisa Kutub Utara pada akhir abad kedua puluh satu, membuat fjord tidak dapat dihuni oleh beruang kutub. 

Disisi lain, beruang tenggara tampaknya baik-baik saja tanpa es laut. Menurut para peneliti, mereka mengambil keuntungan dari glacial mélange, atau es yang memecah gletser di fjord dan jatuh ke laut. 

Beruang diharapkan berburu di lapisan es air tawar ini dengan cara yang sama seperti berburu di es laut. Ini memungkinkan mereka untuk mencari makan sendiri selama periode yang lama ketika es laut tidak ada. 

Beruang di tenggara juga tidak tinggal di dekat pemukiman manusia. Lokasinya dianggap terlalu sulit dijangkau oleh sebagian besar pemburu, memberi mereka lapisan perlindungan ekstra. 

 

Di sisi lain, lereng curam fjord dapat menyulitkan beruang kutub untuk bernavigasi, sehingga membatasi perjalanan mereka. Tingkat kelahiran di antara kelompok baru juga sangat rendah jika dibandingkan dengan komunitas lain. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement