Rabu 15 Jun 2022 08:29 WIB

Adobe Photoshop akan Hadir di Web, Gratis!

Adobe sudah mulai menguji versi web Photoshop di Kanada.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani /Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi /Snapshot video Adobe Photoshop CS5,
Foto: NEUROSOFTWARE.COM
Ilustrasi /Snapshot video Adobe Photoshop CS5,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Adobe berencana membuat Photoshop di web gratis untuk semua orang. Saat ini, Adobe sudah mulai menguji versi web Photoshop di Kanada. Pengguna dapat mengakses Photoshop di web melalui akun Adobe gratis.

Adobe menggambarkan layanan tersebut sebagai Freemium. Nantinya, perusahaan berencana menutup beberapa fitur yang akan eksklusif. “Kami ingin membuat Photoshop lebih mudah diakses bagi banyak orang untuk mencoba dan merasakan produk ini,” kata Wakil Presiden bidang pencitraan digital Adobe Maria Yap.

Baca Juga

Adobe pertama kali merilis versi web Photoshop pada bulan Oktober yang memberikan versi aplikasi yang disederhanakan dan dapat digunakan untuk melakukan pengeditan dasar. Layers dan alat pengeditan inti menjadi keunggulan, tetapi layanannya tidak mendekati fitur lengkap aplikasi.

Sebagai gantinya, Adobe menyusunnya sebagai alat kolaborasi, cara bagi pengguna untuk berbagi gambar dengan orang lain dan meminta mereka masuk, meninggalkan beberapa anotasi dan membuat beberapa penyesuaian kecil, dan menyerahkannya kembali.

Beberapa bulan kemudian, Adobe telah membuat sejumlah pembaruan pada layanan dan mulai membukanya di luar penggunaan kolaborasi. Sebelumnya, seseorang harus membagikan dokumen ke web dari aplikasi desktop. Sekarang, pelanggan Photoshop mana pun dapat masuk dan memulai dokumen baru langsung dari web.

Dilansir The Verge, Rabu (15/6/2022), tujuan versi web Photoshop agar membuat aplikasi lebih mudah diakses dan berpotensi menarik pengguna yang ingin membayar untuk versi lengkapnya. Perusahaan telah mengambil tindakan serupa dengan sejumlah aplikasi selulernya, termasuk Fresco dan Express. Versi web Photoshop adalah penawaran yang sangat penting karena membuka salah satu alat perusahaan yang paling kuat hingga Chromebook yang banyak digunakan di sekolah.

“Saya ingin melihat Photoshop bertemu pengguna di mana mereka berada sekarang. Siapa pun bisa masuk ke Photoshop,” tambah Yap.

Adobe tidak memberikan garis waktu kapan versi Freemium akan diluncurkan lebih luas. Sementara itu, perusahaan terus memperbarui Photoshop untuk web dengan lebih banyak alat, termasuk refine edge, curves, the doge dan burn tools, dan kemampuan untuk mengonversi Smart Objects. Versi web juga mendapatkan dukungan seluler untuk meninjau dan mengomentari gambar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement