Selasa 14 Jun 2022 16:23 WIB

Ilmuwan Temukan Dunia Tersembunyi di Bawah Es Antartika

Ilmuwan menemukan habitat yang dipenuhi udang di bawah laut beku Antartika.

Rep: MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilmuwan mengebor sekitar 500 meter di bawah permukaan lapisan es Larsen di Antartika.
Foto: niwa/craig stevens

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah sungai bawah tanah, jauh di bawah permukaan beku Antartika memiliki ekosistem yang belum pernah terlihat sebelumnya. Alam semesta rahasia ini diungkapkan oleh para peneliti. Ilmuwan menemukan terowongan gelap dan bergerigi yang dipenuhi dengan kawanan organisme kecil mirip udang.

Para ilmuwan menemukan habitat bawah tanah yang tersembunyi di bawah Lapisan Es Larsen. Lapisan es Larsen adalah lapisan es raksasa yang mengapung di dekat pantai timur Semenanjung Antartika yang secara khusus melahirkan gunung es terbesar di dunia pada tahun 2021.

Untuk mencapai ruang bawah tanah, tim menggunakan selang air panas yang kuat untuk mengebor sekitar 1.640 kaki (500 meter) di bawah permukaan es.

Ratusan bintik-bintik kecil buram di air menghalangi umpan video saat para peneliti mengirim kamera ke terowongan yang membeku dan masuk ke dalam gua. Awalnya, kru curiga bahwa peralatan mereka tidak berfungsi.

Mereka menemukan bahwa lensa sedang dikepung oleh krustasea kecil yang dikenal sebagai amphipoda setelah memfokuskan kembali kamera. Ini mengejutkan para peneliti, karena mereka tidak mengantisipasi untuk menemukan kehidupan apa pun di bawah es ini.

Craig Stevens, ahli kelautan fisik di Institut Nasional Penelitian Air dan Atmosfer (NIWA) di Auckland, Selandia Baru, mengatakan melihat adanya spesies yang berenang di sekitar kamera menyiratkan pasti ada proses ekosistem penting yang terjadi di sana.

Menurut Stevens, tim tersebut "melompat-lompat kegirangan" ketika mereka menemukan bangunan rahasia yang dipenuhi udang.

Para ahli telah lama berasumsi bahwa di bawah Antartika terdapat jaringan besar sungai, danau, dan muara, tetapi fitur ini hanya mendapat sedikit perhatian sampai sekarang. Sebelumnya tidak diketahui apakah fitur ini menyimpan kehidupan, membuat penemuan saat ini menjadi lebih signifikan.

"Menjadi orang pertama yang melihat dan mencicipi sungai ini terasa seperti menjadi orang pertama yang mengakses alam semesta tersembunyi," kata pemimpin peneliti Huw Horgan, ahli glasiologi dari Te Herenga Waka - Victoria University of Wellington, Selandia Baru, dilansir dari Live Science, Selasa (14/6/2022).

Horgan pertama kali melihat jejak struktur bawah permukaan dalam bidikan satelit di daerah tersebut pada tahun 2020. Itu terbukti sebagai kemiringan, atau alur yang panjang, yang membelah es, menunjukkan adanya sungai bawah tanah.

Tim tercengang melihat bahwa gua itu tidak seperti yang mereka bayangkan setelah mengirim kamera ke sungai. Para peneliti telah mengantisipasi bahwa atap ruangan itu akan mulus dan rata.

Sebaliknya, mereka menemukan bahwa atapnya sangat tidak rata, dengan banyak gelombang curam. Di dekat atap, gua itu juga jauh lebih luas. Para peneliti juga mengungkapkan bahwa kolom air bawah permukaan terbagi menjadi empat atau lima lapisan air berbeda yang mengalir ke arah yang berlawanan.

Para ilmuwan akan terus meneliti ekosistem bawah tanah yang baru ditemukan dengan harapan dapat mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana nutrisi dalam air didaur ulang melalui jaringan air di bawah Antartika untuk mendukung kehidupan berlimpah yang ada di sana.

Namun, para peneliti khawatir bahwa bahkan ekosistem rahasia seperti ini dapat terancam oleh peningkatan suhu yang cepat dari perubahan iklim.