Selasa 07 Jun 2022 10:58 WIB

Daftar Pembaruan yang Muncul di iOS 16, Ada yang Mirip Fitur Android

Beberapa fitur di iOS 16 terinspirasi dari Android.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Apple
Foto:

Pembaruan untuk aplikasi Apple

Berikut ini adalah beberapa pembaruan aplikasi untuk iOS 16 seperti yang diumumkan di WWDC 2022.

·         Aplikasi Apple yang populer di Amerika Serikat (AS), iMessage, sekarang memungkinkan pengeditan pesan terkirim. Ini juga mendukung pembatalan pengiriman dan menandai utas sebagai belum dibaca.

·         Apple Wallet sekarang memiliki Apple Pay Later, yang merupakan riff Apple pada Pay In Four PayPal. Anda dapat membagi tagihan menjadi empat angsuran tanpa biaya atau bunga.

·         Apple Maps diluncurkan ke lebih banyak negara dan memperkenalkan beberapa fitur baru, seperti petunjuk arah, multistop, integrasi dengan sistem transportasi umum, dan banyak lagi. Namun, sebagian besar fitur “baru” sudah ada di Google Maps.

·         Sekarang lebih mudah dari sebelumnya untuk memantau dan mengontrol penggunaan telepon anak-anak Anda melalui Apple’s Family Sharing center.

·         Apple Photos sekarang memiliki sistem iCloud Shared Photo Library. Ini memungkinkan Anda untuk berbagi perpustakaan foto pribadi dengan hingga lima orang lain yang pada gilirannya dapat mengedit dan mengunggah foto mereka sendiri.

·         Safety Check adalah sistem baru yang memungkinkan pengguna meninjau dan mengubah akses yang mereka berikan kepada orang lain dengan cepat. Misalnya, jika Anda telah membagikan kata sandi atau aplikasi dengan seseorang dan Anda tidak lagi ingin mereka memiliki akses, Anda dapat memeriksanya dan membuat perubahan apa pun dari satu tempat.

·         Apple telah mendesain ulang aplikasi Home-nya agar lebih mirip dengan aplikasi Home milik Google yang serupa.

·         Aplikasi Fitness sekarang tersedia untuk semua pengguna iPhone, bahkan mereka tidak memiliki Apple Watch yang terhubung.

CarPlay

Alat koneksi iPhone berbasis mobil Apple menjadi jauh lebih kuat. Apple ingin CarPlay hidup di semua layar di mobil Anda dan bekerja dengan semua sistem kendaraan Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk, misalnya, mengontrol iklim di mobil Anda dari CarPlay daripada perlu menggunakan tombol fisik di kendaraan Anda.

 Tentu saja, produsen mobil perlu menggabungkan sistem ini dengan CarPlay agar dapat berfungsi seperti yang diinginkan Apple. Apple memberi dirinya banyak waktu untuk ini, karena tidak mengharapkan produsen untuk meluncurkan generasi berikutnya dari integrasi CarPlay hingga akhir 2023.

Google sudah melakukan ini dengan Android Automotive. Mobil sudah tersedia di pasar dengan fitur-fitur ini, jadi Apple sedikit ketinggalan.

Watch OS 9

Di watchOS 9, ada beberapa tampilan jam baru, termasuk yang berbasis di sekitar siklus bulan dan Metropolitan, yang terlihat seperti jam klasik. Ada juga fitur yang diperbarui, seperti tata letak Siri dan aplikasi Podcast Apple.

Tentu saja, pembaruan watchOS tidak akan lengkap tanpa pembaruan untuk pelacakan kebugaran dan kesehatan. Misalnya, ada tiga metrik lari baru yang dilacak di watchOS 9 yang akan memberi Anda tampilan yang lebih lengkap tidak hanya langkah dan kecepatan tetapi juga teknik Anda. Ada juga fitur baru untuk atlet triatlon, seperti pelacakan otomatis saat Anda berpindah dari satu jenis latihan ke jenis latihan lainnya.

Pelacakan tidur juga mendapat beberapa penyesuaian baru dengan Sleep Stages. Meminjam tampilan dan pengaturan dari Fitbit, aplikasi Sleep akan memberi Anda pandangan yang lebih menyeluruh tentang bagaimana Anda beralih dari satu jenis tidur (REM, ringan, dll) ke yang lain.

 

Apple Watch adalah pelopor dalam melacak fibrilasi atrium (AFib). Sekarang, Apple akan menawarkan riwayat AFib yang akan membantu Anda melacak dan memahami gejala AFib Anda daripada hanya memberi tahu Anda saat itu terjadi. Demikian juga, watchOS 9 juga memiliki bagian Medications baru untuk membantu Anda melacak obat-obatan Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement