Rabu 25 May 2022 16:46 WIB

Ini Dia Pohon Tertinggi di Dunia, Setinggi Gedung 35 Lantai

Redwood pantai memiliki rentang hidup hingga 2.000 tahun.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Pohon redwood pantai (Sequoia sempervirens) yang menjulang di atas garis pantai Taman Nasional Redwood yang diselimuti kabut di California Utara.
Foto:

Redwood pesisir tidak hanya pohon tertinggi di dunia, tetapi juga beberapa benda hidup tertua di dunia, dengan rentang hidup hingga 2.000 tahun. Tidak jelas mengapa pohon-pohon ini bertahan begitu lama, tetapi perubahan iklim adalah salah satu faktornya. 

Bahkan ketika pedalaman California terbakar di musim panas, hutan pantai diselimuti kabut tebal, menjaga suhu tetap dingin sepanjang tahun. Menurut National Park Service, pantai menerima sekitar 100 inci (254 cm) hujan per tahun, yang membantu pertumbuhan rumpun raksasa ini.

Redwood pantai juga merupakan salah satu pohon terberat di planet ini. National Park Service menjelaskan bahwa, pohon ini memiliki kulit yang kaya tanin dan tampaknya sebagian besar kebal terhadap jamur serta penyakit yang membunuh pohon lain. 

Kulit itu memiliki ketebalan 25 cm dan dapat menahan api yang mengamuk di Sierra di masa lalu. Pohon tertinggi di Bumi adalah redwood pesisir, namun mereka bukan yang terbesar. 

General Sherman dan General Grant, sequoia raksasa yang menempel di Sierra yang curam dan terbakar api di Kings Canyon dan Taman Nasional Sequoia California, adalah pohon terbesar di dunia.

Menurut Guinness World Records, pohon tertinggi di berbagai benua: 

Pohon tertinggi di Australia adalah Eucalyptus regnans di pulau Tasmania, yang tingginya 327,5 kaki (99,82 meter).

Pohon meranti kuning (Shorea faguetiana) yang terletak di Malaysia adalah pohon tertinggi di Asia. Pada 323,3 kaki (98,53 meter), ini hanya sedikit lebih pendek dari pohon tertinggi di Australia.

Pohon crimson angelim (Dinizia excelsea) di hutan Amazon Brazil adalah yang tertinggi di benua itu, dengan tinggi 290,4 kaki (88,5 m)

Pohon myovo (Entandrophragma excelsum) di dekat Taman Nasional Kilimanjaro di Tanzania, ini adalah pohon tertinggi di Afrika dengan tinggi 267,4 kaki (81,50m).

Portugal adalah rumah bagi pohon terbesar di Eropa. Tinggi pohon Karri (Eucalyptus diversicolor) ini adalah 239,2 kaki (72,9 m).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement