Kamis 12 May 2022 01:26 WIB

Planet Ini Memiliki Cincin, Ukurannya 200 Kali Lebih Besar Dibanding Saturnus

Cincin berdebu yang mengelilingi J1407 menghalangi 95 persen cahaya yang dipancarkan.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi cincin saturnus.
Foto:

Cincin raksasa J1407

Menurut Badan Antariksa Amerika (NASA), sistem J1407 terdiri dari katai coklat atau raksasa muda, tetapi para astronom belum yakin. Karena tidak memancarkan cahaya dan dapat tampak tidak terlihat, katai coklat sering disebut sebagai "bintang gagal". 

Katai coklat berukuran 15 hingga 75 kali lebih besar dari planet Jupiter. Para astronom percaya bahwa sistem J1407 memiliki bintang masif yang mirip dengan matahari kita. Namun, karena orbit J1407 sulit untuk dilihat, penyelidikan lebih lanjut akan diperlukan untuk menguatkan hipotesis mereka.

Planet muda

Planet J1407b masih cukup muda, hanya berusia 16 juta tahun. Dibandingkan dengan tata surya kita sendiri, yang berusia 4,5 miliar tahun, usia planet J1407b bisa dibilang sangat muda. 

 

Menurut penelitian dari University of Rochester, cincin akan menjadi lebih tipis selama beberapa juta tahun ke depan ketika debu dan batu bergabung untuk menghasilkan satelit. Saat mereka berputar di sekitar planet ini, batu terbang ini akan membantu menciptakan celah di antara cincin. Para ilmuwan percaya bahwa mekansime ini adalah bagaimana batuan orbit Saturnus dan Jupiter terbentuk. Namun jenis generasi satelit ini sangat tidak biasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement