Senin 09 May 2022 05:37 WIB

Ilmuwan Temukan Sisa Gigi Replil Laut Terbesar di Dunia

Gigi itu milik spesies Ichthyosaurus raksasa yang langka dan misterius.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Potongan gigi Ichthyosaurus yang ditemukan di pegunungan Alpen.
Foto: Dr Martin Sander/ Dr Heinz Furrer via live sc
Potongan gigi Ichthyosaurus yang ditemukan di pegunungan Alpen.

Teka teki

Satu fosil gigi Ichthyosaurus ini ditemukan di Formasi Kössen Pegunungan Alpen Swiss, formasi batuan setinggi 2.800 meter yang pernah berdiri di dasar laut Trias. Dalam studi terbaru, para peneliti memeriksa gigi fosil serta beberapa tulang rusuk dan tulang belakang ichthyosaurus besar yang ditemukan dalam formasi Alpine yang sama antara tahun 1976 dan 1990.

Untuk menilai ukuran dan spesies spesimen baru, para ilmuwan membandingkan sampel tulang dengan fosil ichthyosaurus besar sebelumnya dengan kerangka yang lebih lengkap.

Gigi fosil itu dua kali lebih lebar dari gigi Himalayasaurus yang diketahui, berukuran sekitar 2,3 inci (60 mm) lebar di akar dan 4 inci (100 mm) tinggi dari akar ke ujung mahkota yang retak.

Pola khas gigi dentin, jaringan keras yang membentuk mayoritas gigi reptil dan mamalia menunjukkan bahwa itu milik Ichthyosaurus, tetapi ukuran fosil yang sangat besar tidak dapat diidentifikasi. Jika tubuh makhluk itu jauh lebih besar dari Himalayasaurus, para peneliti mungkin telah menemukan Ichthyosaurus terbesar di dunia.

"Ichthyosaurus raksasa Trias akhir ini jelas termasuk di antara hewan terbesar yang pernah menghuni planet kita," tulis para peneliti.

Namun, karena setiap spesimen hanya memiliki beberapa tulang yang tersisa, tidak mungkin untuk mengklasifikasikannya secara akurat sebagai spesies. Tim mengklaim bahwa pengukuran tulang mungkin sedikit miring, karena beberapa fosil tampaknya telah diratakan oleh pergerakan lempeng tektonik yang mengangkat Pegunungan Alpen dari laut selama ratusan juta tahun.

 

Untuk saat ini, tiga spesimen telah dianggap berasal dari keluarga Shastasauridae, yang meliputi raksasa Shastasaurus, Shonisaurus, dan Himalayasaurus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement