Sabtu 30 Apr 2022 00:37 WIB

Cara Menghapus Cache di Firefox

Menghapus cache akan menghapus semua informasi yang Anda masukan di web.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Firefox Monitor
Foto:

Cara menghapus cache Firefox di ponsel

Menghapus cache di aplikasi seluler Firefox sedikit berbeda dari pada versi desktop, tetapi masih dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Menghapus cache dapat membantu mengosongkan ruang berharga di ponsel Anda selain berpotensi memperbaiki masalah dengan memuat halaman web. Pastikan Anda memiliki informasi penting yang disimpan di tempat lain sebelum menghapus informasi tersebut, kemudian ikuti langkah-langkah ini untuk menghapus cache atau menyimpan data browser lain yang tersimpan di Firefox.

1.      Buka aplikasi Firefox dan ketuk ikon menu yang terletak di sudut kanan bawah.

2.      Ketuk “Settings” yang terletak di bagian bawah menu yang terbuka.

3.      Gulir ke bawah ke bagian “Privacy” dan ketuk “Data Management”.

4.      Pada layar berikutnya, Anda akan melihat opsi untuk memilih beberapa jenis data. Anda dapat menghapus semuanya atau jenis data penelusuran tertentu seperti riwayat atau unduhan. Namun, untuk memastikan Anda mengosongkan cache, Anda harus mengaktifkan opsi “Cache”.

5.      Ketuk “Clear Private Data” untuk menghapus cache dan menghapus jenis data lain yang dipilih.

 

Kapan harus menghapus cache Firefox Anda

Cache digunakan di browser untuk menyimpan informasi tentang situs web yang Anda kunjungi untuk menghindari kebutuhan mengunduh ulang informasi ini setiap kali halaman web dimuat. Seperti yang Anda bayangkan, cache bertambah dari waktu ke waktu dan dapat berjumlah banyak data, beberapa di antaranya mungkin akhirnya menjadi usang. Pengguna mungkin mengalami masalah saat mencoba menggunakan situs web yang versi cache dan pembaruan situs web yang lebih baru tidak cocok.

Inilah sebabnya mengapa mengosongkan cache terkadang dapat membantu saat halaman web tidak berfungsi dengan benar. Cache browser juga dapat menghabiskan ruang, dan mengosongkannya dapat membantu membukanya. Namun, ruang penyimpanan ini biasanya tidak terlalu besar, dan mengosongkan cache Anda harus benar-benar disimpan untuk membantu Anda memecahkan masalah.

Perlu diingat bahwa cookie berbeda dari konten yang di-cache, tetapi serupa karena mereka menyimpan informasi dari situs web. Namun, informasi ini biasanya adalah hal-hal yang Anda masukkan sendiri, seperti nama pengguna dan kata sandi.

 

Menghapus cookie secara berkala dapat menjadi cara yang baik untuk menjaga keamanan informasi sensitif, seperti login rekening bank. Itu juga dapat membersihkan ruang komputer Anda, seperti membersihkan cache.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement