Senin 25 Apr 2022 00:37 WIB

Dampak Mengerikan Perubahan Iklim yang Harus Kita Cegah

Kenaikan suhu bumi bisa mengubah sistem iklim.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
 Foto tak bertanggal yang disediakan oleh peneliti Bryan Fry ini menunjukkan seekor komodo di Taman Nasional Komodo di Indonesia. Kadal predator, yang dapat mencapai panjang 10 kaki (3 meter) dan lebih dari 300 pon (135 kilogram), baru-baru ini dipindahkan dari status rentan menjadi terancam punah pada daftar spesies terancam IUCN. Organisasi tersebut mengutip dampak perubahan iklim dan kerusakan habitat komodo - termasuk perambahan manusia - sebagai alasan perubahan tersebut.
Foto:

4.Meningkatnya wabah penyakit

Kenaikan suhu curah hujan dapat meningkatkan penyebaran wabah penyakit, seperti demam berdarah, kolera, dan malaria. Nyamuk pembawa virus tersebut hidup dan berkembang biak pada cuaca yang panas dan lembab di mana kondisi ini disebabkan secara umum oleh perubahan iklim.

5.Menurunnya produktivitas pertanian

Suhu yang terlalu panas dan berkurangnya ketersedian air akan menghambat produktivitas pertanian. Perubahan iklim juga akan menyebabkan perubahan masa tanam dan panen atau munculnya hama serta wabah penyakit pada tanaman.

6.Tenggelamnya pesisir dan pulau

 

Peningkatan permukaan air laut mengakibatkan bergesernya batas daratan di daerah pesisir. Nantinya, ini akan menenggelamkan sebagian daerah pesisir atau pemukiman. Selain itu, kenaikan suhu bumi juga menyebabkan mencairnya es pada dataran-dataran kutub bumi yang membuat peningkatan permukaan air laut dan menenggelamkan pulau-pulau kecil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement