Kamis 21 Apr 2022 11:11 WIB

Kenali Risiko Keamanan di Dunia Virtual Metaverse

Ancaman keamanan masih akan tetap berkaitan dengan isu terkait pengambilalihan akun.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Setyanavidita Livikacansera/ Red: Dwi Murdaningsih
Seorang perempuan menggunakan virtual reality untuk berada di dunia metaverse.
Foto:

Jika ke depan metaverse benar-benar menjadi paradigma baru, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar tetap dapat aman selama berada di sana. Beberapa di antaranya:

* Selalu melindungi akun kita dengan menggunakan pengelola kata sandi dan two factor authentication (2FA).

* Gunakan solusi keamanan siber yang andal untuk mencegah serangan malware dan phising.

* Selalu lakukan edukasi ke diri sendiri, dan karyawan terkait praktik keamanan siber terbaik dan terbaru.

* Jika kita sudah menggunakan mata uang kripto, atau memiliki aset digital, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam dompet perangkat keras atau yang bisa dikenal dengan cold storage wallet.

* Dompet ini, merupakan offline wallet yang digunakan untuk menyimpan berbagai aset kripto. Dengan cold storage wallet, aset digital kita disimpan pada platform yang tidak terhubung ke internet. Dengan begitu, dompet kita akan lebih terlindungi dari akses yang tidak sah, peretasan dunia maya, atau bahaya lainnya yang rentan terjadi.

* Waspada terhadap surel dan pesan yang meminta pembayaran atau ancaman untuk memblokir akun, atau menawarkan skema untuk mendapatkan uang secara cepat.

* Perhatikan alamat pengirim. Jika nama perusahaan salah dieja, atau domainnya hanya sekumpulan karakter acak, bisa dipastikan, hal tersebut merupakan scam.

 

* Perlakukan data dan kredensial yang digunakan untuk mengakses akun dan uang Anda dengan sangat hati-hati. Pelajari cara kerja sistem keamanan crypto wallet, informasi apa yang mungkin diperlukan untuk mengakses berbagai layanan, dan apa saja yang tidak boleh kita bagikan dengan siapa pun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement