Selasa 19 Apr 2022 18:59 WIB

Belajar Sosok Ayah Terbaik dari Penguin Kaisar, Ini Fakta-Fakta Uniknya

Ayah penguin akan mengerami satu telur yang akan berisi anak penguin.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Pasangan penguin kaisar dan anak penguin di Auster Rookery, Antartika.
Foto:

Telur berharga berbentuk buah pir

Penguin kaisar jantan dan betina menghabiskan sebagian besar musim panas di laut dengan memakan ikan, cumi-cumi, dan krill. Inilah saatnya bagi pejantan untuk membangun cadangan lemak sebagai persiapan untuk musim dingin yang akan datang.

Penguin kaisar dewasa mulai berkumpul di koloni berkembang biak mereka pada bulan April yang jatuh di Belahan Bumi Selatan, dan melakukan perjalanan hingga 56 mil (90 kilometer) untuk mencapai bongkahan es.

Betina bertelur tunggal pada bulan Mei dan awal Juni. Telur berbentuk buah pir memiliki panjang sekitar 5 inci dan lebar 3 inci, dengan warna putih kehijauan yang halus (12 kali 8 cm). 

Penguin betina kemudian kembali ke laut setelah memberikan telur kepada pasangannya. Dia akan kembali dalam dua bulan untuk melanjutkan tanggung jawabnya sebagai orang tua.

Sampai saat itu, hanya tersisa para jantan di Antartika selama musim dingin. Bulu penyekat yang tebal dan timbunan lemak tidak cukup untuk membuat mereka tetap hidup. Jantan dan betina berburu selama badai, berkerumun berdekatan untuk menghemat panas. 

Mereka melakukan ini dengan bergiliran melakukan perjalanan dari batas koloni yang lebih dingin ke pusat koloni yang lebih hangat.

Sementara itu, telur disimpan dengan aman di kantong induk sang ayah, di mana ia bertumpu pada kakinya. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, telur akan menetas dalam 65 hingga 75 hari. 

Telur akan menetas beberapa hari sebelum ibu kembali. Anak penguin dengan berat sekitar 11 ons hanya ditutupi lapisan tipis bulu bawah, sepenuhnya bergantung pada ayah untuk kehangatan dan keamanan selama waktu ini. Sampai ibu datang untuk mulai memberi makan anak penguin, ayah akan memberi makan anaknya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement