Rabu 13 Apr 2022 11:03 WIB

Berapa Suhu Ideal AC Biar Tagihan Listrik tidak Bengkak?

Menyalakan AC sepanjang malam dan siang bisa membuat tagihan listrik tinggi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Model memperlihatkan AC Single Commercial Air Conditioning
Foto: Darmawan / Republika
Model memperlihatkan AC Single Commercial Air Conditioning

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Air conditioner (AC) modern dirancang sedemikian rupa sehingga mengonsumsi lebih sedikit energi dibandingkan dengan generasi yang lebih lama. Namun, menyalakan AC sepanjang malam dan siang bisa membuat tagihan listrik tinggi pada akhir bulan.

Berikut ini adalah lima tips sederhana yang dapat Anda coba untuk menghemat tagihan listrik saat menggunakan AC.

Baca Juga

Pilih suhu yang tepat

Jangan pernah menyetel AC pada suhu minimum. Dilansir dari India Today, Rabu (13/4), orang sering berpikir bahwa menyetel AC pada 16 derajat celcius akan memberikan kesejukan yang lebih baik, tetapi sebenarnya tidak demikian.

Sesuai Bureau of Energy Efficiency (BEE), suhu ideal untuk tubuh manusia adalah 24 derajat celcius dan AC apa pun akan membutuhkan lebih sedikit beban untuk mencapai target itu. Jadi, sebaiknya atur suhu AC sekitar 24 derajat. Hal ini akan lebih menghemat listrik dan juga menghemat jumlah tagihan.

Matikan tombol power saat tidak digunakan.

Baik itu AC maupun peralatan lainnya, Anda harus selalu mematikan sakelar daya saat mesin tidak digunakan.

Kebanyakan orang cenderung mematikan AC dengan remote, tetapi itu tidak boleh dilakukan. Sebab, dengan cara ini, banyak listrik yang terbuang saat kompresor disetel ke ‘idle load’ dan berdampak pada tagihan bulanan.

Gunakan timer untuk menghindari penggunaan yang berlebihan

Semua AC dilengkapi dengan timer. Jadi, lebih baik menggunakan fitur daripada menjalankan mesin sepanjang malam.

Selalu merupakan ide yang baik untuk mengatur timer selama dua hingga tiga jam langsung sebelum tidur atau di waktu yang lain. Jadi, ketika Anda mengatur timer, AC dimatikan setelah waktu tertentu. Ini akan mengurangi penggunaan AC yang berlebihan dan juga mengurangi tagihan listrik dengan margin yang besar.

Servis AC secara berkala

Semua peralatan memerlukan servis dan begitu juga AC. Meskipun sebagian besar produsen mengklaim bahwa AC mereka tidak memerlukan servis terlalu sering, itu tidak sepenuhnya benar. Kemungkinan besar debu atau partikel lain dapat merusak mesin. Jadi, selalu merupakan ide yang baik untuk memperbaiki AC sebelum musim panas.

Pastikan untuk mengunci setiap pintu dan jendela

Sebelum menyalakan AC, disarankan untuk menutup setiap bukaan ruangan dengan baik. Ini akan membantu mendinginkan ruangan dengan cepat dan untuk durasi yang lebih lama dan juga menghemat tagihan listrik Anda pada akhir bulan.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement