Senin 02 May 2022 01:39 WIB

Inikah Galaksi Paling Awal yang Berhasil Diamati Ilmuwan?

GN-z11 merupakan pemegang rekor galaksi terjauh saat ini yang ditemukan pada 2016.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Astronom mengidentifikasi HD1 sebagai galaksi terjauh.
Foto:

Para ilmuwan selanjutnya menggunakan teleskop radio ALMA di Chili untuk memeriksa HD1, untuk melihat apakah mereka dapat menentukan pergeseran merah spesifik objek, memverifikasi bahwa teknik dropout telah benar-benar menemukan galaksi awal.

ALMA mengambil sepotong sinyal terionisasi oksigen yang sangat merah. Jika benar, oksigen terionisasi memvalidasi pergeseran merah HD1 sebesar 13,27, menjadikannya galaksi paling awal yang pernah ditemukan. Jika garis spektral itu tidak seperti yang terlihat, HD1 dan HD2 bisa jadi miliaran tahun kemudian dalam sejarah kosmik.

“Sumber-sumber ini sangat menarik, tetapi saya belum 100 persen yakin tentang sifat pergeseran merahnya yang sangat tinggi,” kata Oesch.

Sangat Terang

Kedua galaksi serta beberapa kandidat lain yang ditemukan  seperti GN-z11, lebih terang dari yang diharapkan untuk galaksi pembentuk bintang normal. Fabio Pacucci (Pusat Astrofisika, Harvard & Smithsonian), Harikane, dan rekan mereka menyelidiki penjelasan alternatif untuk luminositas yang membingungkan dalam sebuah artikel yang diterbitkan dengan yang mengumumkan penemuan tersebut.

Baik HD1 dan HD2 mungkin sangat bercahaya karena kombinasi kelahiran bintang yang tidak terkendali dan lubang hitam yang melahap ganas. Penciptaan bintang yang produktif atau lubang hitam yang agresif berpotensi menjelaskan radiasi itu sendiri, tetapi itu sedikit lebih sulit untuk dibuktikan.

Jika peneliti mengkonfirmasi bahwa HD1 dan HD2 adalah galaksi awal, objek ini dapat memberitahu kita bahwa penciptaan bintang lebih efektif di awal alam semesta. Mereka juga dapat menjelaskan bagaimana lubang hitam supermasif pertama muncul dan berkembang.

Namun, jika mereka bukan berasal dari zaman kosmik yang lebih baru, mereka akan menambah semakin banyak bukti bahwa banyak galaksi tidak terdeteksi karena mereka diselimuti debu, membuatnya terlalu gelap dan merah untuk dideteksi, misalnya oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble.

“Apa pun sifat dari sumber-sumber ini, mereka menarik,” kata Oesch.

Harikane dan sekelompok mitra telah memesan waktu di Teleskop Luar Angkasa James Webb, yang baru-baru ini diluncurkan untuk mendapatkan spektrum inframerah HD1, HD2, dan kandidat ketiga. Mereka berharap JWST dan observatorium luar angkasa lain yang akan datang akan menemukan lebih dari 10.000 galaksi pada tahap awal pembentukan alam semesta ini.