Ahad 10 Apr 2022 20:30 WIB

Cukup Mudah Membuat Baterai Nintendo Switch Tahan Lama, Ini Caranya

Pengguna Nintendo Switch cukup mengeluh baterai nintendo switch yang tak tahan lama.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Pengguna Nintendo Switch cukup mengeluh baterai nintendo switch yang tak tahan lama.
Foto: gsm arena
Pengguna Nintendo Switch cukup mengeluh baterai nintendo switch yang tak tahan lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak peduli berapa lama baterai Nintendo Switch bertahan, sepertinya tidak pernah cukup. Kabar baiknya ada cara mudah untuk membuatnya bertahan lebih lama.

Pertama, turunkan kecerahan layar. Dilansir dari T3, Ahad (10/4/2022), salah satu penguras baterai terbesar pada perangkat seluler apa pun adalah layar, dan Switch tidak terkecuali.

Baca Juga

Seperti pada ponsel cerdas dan tablet, menurunkan kecerahan layar sedikit dapat meningkatkan masa pakai baterai secara signifikan. Jadi jika Anda menaikkan kecerahan layar Switch karena Anda sedang bermain di luar ruangan, pindah ke area yang teduh dan turunkan sedikit kecerahan layar. Ini berarti Anda bisa memainkan Switch lebih lama.

Caranya mengubah kecerahan layar adalah masuk ke aplikasi pengaturan sistem dan pilih Kecerahan Layar. Sekarang, matikan kecerahan otomatis dan atur tampilan ke level yang Anda inginkan.

Kedua, hentikan getaran. Motor getaran di pengontrol Joy-Con (untuk Switch dan Switch OLED) dapat dimatikan untuk menambah masa pakai baterai Anda: meskipun umpan balik haptic sangat menyenangkan, itu tidak penting untuk kesenangan bermain gim Nintendo yang khas itu. Ini adalah pekerjaan lain untuk aplikasi pengaturan sistem, tetapi kali ini Anda ingin mengetuk Pengontrol dan Sensor. Sekarang Anda dapat mengetuk Controller Vibration untuk mematikan fitur tersebut.

Ketiga, masuk ke mode penerbangan. Mode Penerbangan, alias Mode Pesawat, yang memungkinkan Anda tetap menggunakan perangkat tetapi menonaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth.

Fitur ini ada di pengaturan sistem. Perlu diketahui bahwa menggunakan mode penerbangan juga akan menonaktifkan penggunaan Joy-Con jarak jauh, dan Anda tidak akan dapat memainkan judul online seperti Fortnite saat Anda berada dalam Mode Penerbangan.

Keempat, mode tidur. Kecuali Anda telah mengubahnya, Switch Anda masuk ke mode tidur setelah 10 menit tidak aktif. Ini adalah status daya rendah yang mirip dengan mode siaga ponsel atau tablet Anda yang menggunakan jauh lebih sedikit energi saat perangkat tidak digunakan. Sekali lagi, Anda dapat mengubah pengaturan ini di pengaturan sistem dan membuatnya lebih awal untuk menambah daya.

Kelima, dapatkan paket daya. Switch mengisi daya melalui port USB-C-nya, dan itu berarti Anda dapat menggunakan bank daya untuk memberikan lebih banyak daya-dan tentu saja jika Anda memiliki perangkat USB-C lain, ia juga dapat mengisi dayanya.

Jika Anda tidak menyukai sebagian besar pengisi daya yang berdiri sendiri, ada beberapa casing baterai berkualitas baik untuk Switch yang terpasang ke perangkat Anda daripada duduk di sampingnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement