Jumat 08 Apr 2022 14:54 WIB

Rahasia Penjajaran Sempurna Piramida Giza

Ekuinoks musim gugur digunakan untuk mencapai keselarasan piramida yang sempurna.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Pemandangan umum Piramida Agung Giza, di Giza, Mesir, 18 Desember 2020. Selama berabad-abad, piramida Giza telah membingungkan para peneliti, salah satunya adalah bagaimana struktur menjadi sangat selaras.
Foto: EPA-EFE/MOHAMED HOSSAM
Pemandangan umum Piramida Agung Giza, di Giza, Mesir, 18 Desember 2020. Selama berabad-abad, piramida Giza telah membingungkan para peneliti, salah satunya adalah bagaimana struktur menjadi sangat selaras.

REPUBLIKA.CO.ID, MESIR -- Selama berabad-abad, piramida Giza telah membingungkan para peneliti. Bukan hanya rongga misterius dan ruang tersembunyinya, tetapi bagaimana tepatnya orang Mesir kuno membangun struktur yang begitu mengesankan tanpa teknologi modern.

Salah satu masalah yang paling membingungkan adalah bagaimana struktur menjadi sangat selaras. Meskipun sedikit miring, secara keseluruhan sisi persegi Piramida Agung Giza 138,8 meter yang juga dikenal sebagai Piramida Agung Khufu, cukup lurus. Piramida ini juga sejajar hampir sempurna di sepanjang titik mata angin, utara-selatan-timur-barat.

Baca Juga

“Pembangun Piramida Agung Khufu menyelaraskan monumen besar ke titik mata angin dengan akurasi lebih baik dari empat menit busur atau seperlima belas dari satu derajat,” Arkeolog dan insinyur Glen Dash menjelaskan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2017 di Jurnal Arsitektur Mesir Kuno, dilansir dari Sciencealert, Jumat (8/4/2022).

Faktanya, ketiga piramida Mesir terbesar-dua di Giza dan satu di Dahshur-sangat selaras, dengan cara yang tidak akan Anda harapkan dari era tanpa drone, blueprint, dan komputer.

“Ketiga piramida menunjukkan cara kesalahan yang sama; mereka diputar sedikit berlawanan arah jarum jam dari titik mata angin,” tulis Dash.

Sementara banyak hipotesis ada tentang bagaimana mereka melakukan ini, menggunakan bintang kutub untuk menyelaraskan piramida atau bayangan Matahari, tidak pernah sepenuhnya jelas bagaimana ini bekerja.

Dash datang dengan ide lain yang lebih sederhana. Studinya menunjukkan bahwa orang Mesir kira-kira 4.500 tahun yang lalu dapat menggunakan ekuinoks musim gugur untuk mencapai keselarasan yang sempurna.

Ekuinoks dianggap sebagai momen dua kali setahun ketika bidang ekuator Bumi melewati pusat piringan Matahari, serta panjang siang dan malam hampir sama. Pengukuran ekuinoks sebelumnya telah diabaikan sebagai metode penyelarasan yang mungkin, karena dianggap tidak akan memberikan akurasi yang cukup.

Tetapi pekerjaan Dash menunjukkan bahwa ada cara yang bisa berhasil, yaitu menggunakan tongkat yang dikenal sebagai gnomon. Untuk mengetahuinya, Dash benar-benar melakukan eksperimennya sendiri, dimulai pada hari pertama ekuinoks musim gugur di tahun 2016-22 September 2016 dan menggunakan gnomon untuk membuat bayangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement