Rabu 13 Mar 2024 09:38 WIB

5 Piramida Kuno Terbesar Berdasarkan Volume, Ternyata Nomor 1 Bukan di Mesir

Piramida Quetzalcóatl memegang gelar piramida terbesar di dunia.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Seekor burung gereja berdiri di pagar kaca di depan Piramida Giza, dekat Kairo, Mesir. Ada 5 piramida terbesar berdasarkan volume, ternyata yang nomor 1 bukan di Mesir.
Foto: AP/Amr Nabil
Seekor burung gereja berdiri di pagar kaca di depan Piramida Giza, dekat Kairo, Mesir. Ada 5 piramida terbesar berdasarkan volume, ternyata yang nomor 1 bukan di Mesir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mesir merupakan rumah bagi beberapa piramida terbesar, tetapi piramida terbesar di dunia berada di benua lain. Berikut lima piramida kuno terbesar berdasarkan volume seperti dilansir laman How Stuff Works, Rabu (13/3/2024):

1. Piramida Besar Cholula

Baca Juga

Piramida Quetzalcóatl di Cholula de Rivadavia adalah pemegang Guinness World Record untuk gelar piramida terbesar di dunia. Piramida ini berjarak sekitar 63 mil atau 101,3 km jauhnya dari Mexico City. Menurut Guinness, kuil kuno ini berukuran 166.538.400 kaki kubik (3,3 juta meter kubik).

Piramida Cholula yang dibangun untuk menghormati dewa Aztec Quetzalcoatl ini terletak di atas Bukit. Sebuah gereja Katolik yang didedikasikan untuk Perawan Maria berada di bagian paling atas kompleks. 

2. Piramida Agung Giza

Piramida ini terletak di Mesir. Piramida Agung Giza adalah salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno dan menjadi daya tarik wisata. Ukurannya yang besar, yaitu 84.755.200 kaki kubik atau 2,4 juta meter kubik, dan makna historisnya menjadikannya salah satu pencapaian arsitektur Mesir kuno yang paling mengesankan. 

3. Piramida Besar Khafre

Piramida Agung Khafre merupakan piramida terbesar kedua di kompleks Giza dengan volume 78.084.118 kaki kubik atau 2.211.096 meter kubik, tetapi tampak lebih tinggi karena piramida Giza berada di dataran rendah. 

4. Piramida Merah

Piramida Mesir ini adalah piramida terbesar ketiga di dunia berdasarkan volume (59.823.045 kaki kubik atau 1.694.000 meter kubik). Ini adalah piramida bersisi halus. 

5. Piramida Bengkok

Piramida ini terletak di pemakaman kerajaan Dahshur, piramida kuno ini mendapatkan namanya karena penampilannya yang unik dan bengkok. Luasnya 43.685.655 kaki kubik atau 1.237.040 meter kubik. 

Beberapa piramida terbesar berdasarkan volume, termasuk Piramida Bengkok dan Piramida Merah, juga termasuk yang terbesar berdasarkan tingginya. Namun, yang tertinggi adalah Piramida Agung Giza. Guinness World Records menamakannya “piramida tertinggi”. 

Berdasarkan Guinness, Piramida Agung Giza juga dikenal sebagai Piramida Besar, tingginya 146,7 meter ketika selesai sekitar 4.500 tahun yang lalu. “Namun, erosi dan vandalisme telah mengurangi tingginya menjadi 137,5 meter saat ini,” menurut Guinness. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement