Kamis 31 Mar 2022 15:06 WIB

Mikroplastik Juga Dapat Masuk ke Tubuh Manusia Lewat Saluran Napas

Mikroplastik juga dapat masuk ke tubuh manusia melalui saluran pernapasan.

Wadah makanan dari plastik. Mikroplastik dapat masuk ke tubuh manusia lewat beragam cara, termasuk saluran pernapasan dan pencernaan.
Foto:

Polusi mikroplastik juga sudah ditemukan di dalam darah manusia. Penelitian yang dipublikasikan di Environment International menyatakan, peneliti yang menganalisis sampel darah 22 orang menemukan partikel plastik hampir 80 persen dari orang yang diuji.

Setengah dari sampel darah mengandung plastik PET, jenis plastik yang umum digunakan dalam botol air minum dalam kemasan. Selain itu, terdapat pula kandungan polistirena yang biasa dipakai untuk kemasan makanan.

"Kenapa bisa masuk ke dalam darah, karena ukurannya hampir sama dengan molekul darah itu sendiri dan bisa tertransfer lewat lapisan-lapisan sel, transportasi membran sel," katanya.

Chlara mengingatkan bahwa ketika masuk ke dalam tubuh manusia, mikroplastik dapat terendap di saluran pernapasan dan organ lain. Endapan mikroplastik atau nanoplastik, yang merupakan benda asing di dalam tubuh, tidak bisa dicerna atau diserap oleh tubuh dan bisa menimbulkan iritasi.

"Jika dibiarkan terlalu lama peradangan tersebut berpotensi memicu timbulnya tumor sampai menjadi kanker," jelasnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement