Rabu 23 Mar 2022 08:20 WIB

Ilmuwan Terjemahkan Jaring Laba-laba Menjadi Musik

Laba-laba menghasilkan getaran yang berbeda untuk setiap aktivitas.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Laba-laba
Foto: Wikipedia
Laba-laba

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laba-laba sangat bergantung pada sentuhan untuk merasakan dunia di sekitar mereka. Tubuh dan kaki mereka ditutupi oleh rambut-rambut kecil dan celah-celah yang dapat membedakan berbagai jenis getaran.

Mangsa yang terperangkap ke dalam jaring membuat getaran-getaran yang sangat berbeda dari laba-laba lain yang datang merayu, atau angin sepoi-sepoi. Setiap helai jaring menghasilkan nada yang berbeda.

Baca Juga

Beberapa tahun yang lau, para ilmuwan menerjemahkan struktur tiga dimensi jaring laba-laba ke dalam musik, bekerja sama dengan seniman Tomas Saraceno untuk menciptakan alat musik interaktif, berjudul Spider’s Canvas.

Tim kemudian menyempurnakan dan membangun di atas pekerjaan sebelumnya, menambahkan komponen realitas virtual interaktif untuk memungkinkan orang masuk dan berinteraksi dengan web. Penelitian ini, kata tim, tidak hanya akan membantu mereka lebih memahami arsitektur tiga dimensi jaring laba-laba, tetapi bahkan dapat membantu kita mempelajari bahasa getaran laba-laba.

“Laba-laba itu hidup di lingkungan dengan tali yang bergetar,” insinyur Markus Buehler dari MIT menjelaskan pada 2021, dilansir dari Sciencealert, Rabu (23/3/2022).

 

“Mereka tidak melihat dengan baik, jadi mereka merasakan dunia mereka melalui getaran, yang memiliki frekuensi berbeda," ucapnya.

Ketika Anda memikirkan jaring laba-laba, kemungkinan besar Anda memikirkan jaring penenun bola: datar, bulat, dengan jari-jari radial di mana laba-laba membangun jaring spiral. Kebanyakan jaring laba-laba, bagaimana pun, tidak dari jenis ini, tetapi dibangun dalam tiga dimensi, seperti jaring lembaran, jaring kusut, dan jaring corong, misalnya.

Untuk menjelajahi struktur jaring jenis ini, tim menempatkan laba-laba jaring tenda tropis (Cyrtophora citricola) di kandang persegi panjang, dan menunggunya untuk mengisi ruang dengan jaring tiga dimensi. Kemudian mereka menggunakan laser lembaran untuk menerangi dan membuat gambar definisi tinggi dari penampang 2D Web.

Algoritme yang dikembangkan secara khusus kemudian menyatukan arsitektur 3D web dari penampang 2D ini. Untuk mengubahnya menjadi musik, frekuensi suara yang berbeda dialokasikan ke untaian yang berbeda. Catatan yang dihasilkan dimainkan dalam pola berdasarkan struktur jaring.

Mereka juga memindai web saat sedang dipintal, menerjemahkan setiap langkah proses menjadi musik. Ini berarti bahwa nada berubah saat struktur web berubah, dan pendengar dapat mendengar proses konstruksi web.

Spider’s Canvas memungkinkan penonton untuk mendengar musik laba-laba, tetapi realitas virtual, di mana pengguna dapat masuk dan memainkan untaian web itu sendiri, menambahkan lapisan pengalaman yang sama sekali baru, kata para peneliti.

“Lingkungan realitas virtual benar-benar menarik karena telinga Anda akan menangkap fitur struktural yang mungkin Anda lihat tetapi tidak segera dikenali,” jelas Buehler.

“Dengan mendengarnya dan melihatnya pada saat yang sama, Anda benar-benar dapat mulai memahami lingkungan tempat laba-laba itu tinggal.”

Mungkin yang paling menarik, pekerjaan tersebut memungkinkan tim untuk mengembangkan algoritme untuk mengidentifikasi jenis getaran jaring laba-laba, menerjemahkannya menjadi “mangsa yang terperangkap”, atau “jaring yang sedang dibangun”, atau “laba-laba lain telah tiba dengan niat asmara”.

Ini, kata tim, adalah dasar untuk pengembangan pembelajaran berbicara laba-laba-setidaknya laba-laba jaring tenda tropis.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement