Senin 21 Mar 2022 23:09 WIB

Cara Atur Batas Waktu Harian untuk Instagram

Anda bisa mengatur waktu penggunaan agar tidak berlebihan membuka Instagram.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Instagram
Foto: pexels
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram adalah aplikasi berbagi foto dan video yang cukup adiktif. Jika Anda salah seseorang yang tidak ingin menggunakan Instagram selama berjam-jam dan ingin mengatur penghitung waktu agar aplikasi memberi pengingat kapan harus berhenti menggunakannya, maka Anda dapat melakukannya.

Instagram juga memungkinkan Anda untuk memeriksa berapa banyak waktu yang Anda habiskan di aplikasi setiap pekan. Aplikasi ini menampilkan grafik dan ketika Anda mengetuknya, Anda akan dapat memeriksa waktu rata-rata yang Anda habiskan di aplikasi media sosial ini

Baca Juga

Berikut ini cara mengatur batas waktu di Instagram:

Dilansir dari India Today, Senin (21/3/2022), proses untuk menyetel pengingat cukup sederhana dan seseorang hanya perlu mengikuti beberapa langkah. Langkah-langkahnya serupa untuk pengguna iPhone dan Android.

Raksasa media sosial tidak menawarkan fitur itu bagi mereka yang menggunakan Instagram di komputer. Fitur ini hanya dapat diakses di aplikasi versi seluler.

Langkah pertama: Buka aplikasi Instagram di ponsel cerdas Anda dan ketuk gambar profil Anda, yang terlihat di sudut kanan bawah layar.

Langkah kedua: Ketuk lagi pada menu hamburger> Aktivitas Anda> Waktu yang dihabiskan.

Langkah ketiga: Ketuk Setel batas waktu harian.

Langkah keempat: Pilih jumlah waktu dan ketuk tombol ‘Selesai’. Setelah selesai, Instagram akan mengingatkan Anda untuk beristirahat ketika Anda menghabiskan beberapa waktu di aplikasi.

Jika Anda mengaktifkan pengaturan ini, maka Instagram hanya akan mengirimkan pengingat kepada Anda, meminta Anda untuk istirahat. Jika pengguna Android menginginkan pengaturan yang lebih agresif, maka mereka dapat mengatur timer aplikasi di bagian Digital Wellbeing.

Pengguna Android cukup membuka aplikasi Pengaturan dan mengetuk Digital Wellbeing. Ada grafik di bagian atas, yang akan menunjukkan Instagram juga jika Anda sering menggunakan aplikasi ini. Cukup ketuk dan layar berikutnya akan menampilkan opsi pengatur waktu aplikasi.

Jika Anda menyetel timer selama satu jam, maka aplikasi tidak akan dapat diakses setelah Anda menyelesaikan jangka waktu tersebut. Setelah ini, aplikasi akan mengatakan Anda akan dapat mengakses Instagram pada hari berikutnya.

Ini tidak berarti Anda akan sepenuhnya kehilangan akses ke aplikasi ini. Anda cukup pergi ke bagian Digital Wellbeing dan matikan pengatur waktu aplikasi, setelah itu Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement