Ahad 20 Mar 2022 20:16 WIB

Fakta-Fakta Ekuinoks, Fenomena Astronomi yang Terjadi Hari Ini

Ekuinoks terjadi pada bulan Maret dan Desember.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Bumi (ilustrasi)
Foto:

 

Kapan ekuinoks terjadi?

Ekuinoks tidak selalu jatuh pada hari yang sama setiap tahun. Ekuinoks biasanya jatuh pada atau sekitar 20 Maret dan 23 September.

Tanggal ekuinoks berubah karena setiap tahun Bumi tidak persis 365 hari.  Waktu ekuinoks juga dipengaruhi oleh perubahan sikap planet terhadap matahari.

Tergantung pada belahan bumi, ekuinoks menandakan awal astronomi musim semi atau musim gugur. Namun, permulaan meteorologi musim ini adalah 1 Maret dan 1 September.

Ekuinoks Maret, sering dikenal sebagai musim semi atau vernal equinox di belahan bumi utara, menandai awal musim semi (vernal berasal dari istilah Latin "ver" untuk musim semi). Pada saat yang sama, musim gugur tiba di belahan bumi selatan. Pada bulan September, ketika bagian utara planet memasuki bulan-bulan musim gugur yang lebih dingin dan bagian selatan memasuki musim semi, yang terjadi adalah kebalikannya.

Apakah ekuinoks juga terjadi di planet lain? 

Ekuinoks juga terjadi di planet lain. Setiap planet di tata surya yang memiliki orbit miring akan mengalami ekuinoks.

Siapa yang menemukan ekuinoks?

Selama ribuan tahun, orang-orang telah melacak perjalanan matahari. Ekuinoks sering dimasukkan ke dalam tradisi budaya dan agama. Bagi banyak peradaban kuno, pergeseran matahari tidak hanya menentukan awal musim, tetapi juga waktu untuk memproduksi dan memanen tanaman.

Di Jepang, kedua ekuinoks adalah hari libur umum di Jepang. Secara tradisional dianggap sebagai hari untuk menghormati dan memuja leluhur dan orang-orang terkasih yang telah meninggal.

Ekuinoks juga ditandai oleh banyak monumen kuno. Misalnya, selama ekuinoks di kompleks candi Hindu Angkor Wat di Kamboja, matahari terbit tepat di atas candi pusatnya. Kompleks yang dibangun antara 1113 dan 1150 M adalah monumen keagamaan terbesar di dunia. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement