Kamis 10 Mar 2022 03:11 WIB

Astronom Temukan Molekul Terbesar di Sekitar Bintang yang Baru Lahir

Ilmuwan menemukan dimethyl ether di dalam perangkap debu kosmik.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Bintang. ilustrasi
Foto:

Apa itu cakram debu?

“Perangkap debu” ini adalah wilayah di mana partikel debu dapat menggumpal menjadi gumpalan yang lebih besar dan lebih besar yang pada akhirnya dapat membentuk komet, asteroid, dan bahkan mungkin planet.

Penemuan perangkap debu dirinci dalam makalah tahun 2013. Dalam makalah yang dirilis tahun lalu, para astronom mengungkapkan bahwa perangkap debu kaya akan es yang mengandung molekul kompleks.

Brunken dan timnya mengarahkan Atacama Large Millimeter Submillimeter Array (ALMA) di Cile menuju bintang untuk melihat apa yang bisa mereka deteksi.

Ketika radiasi dari bintang mencapai perangkap debu, itu menyebabkan es menyublim. Dengan menggunakan teleskop yang cukup kuat, astronom dapat mendeteksi tanda molekul di dalamnya berdasarkan spektrum.

Saat molekul yang berbeda menyerap dan memancarkan kembali cahaya, mereka dapat menghasilkan fitur gelap (penyerapan) dan terang (emisi) pada spektrum cahaya yang mencapai teleskop. Fitur emisi yang terdeteksi oleh ALMA sangat konsisten dengan dimethyl ether.

“Sangat menarik untuk akhirnya mendeteksi molekul yang lebih besar ini dalam cakram. Untuk sementara kami pikir tidak mungkin untuk mengamati mereka,” kata astronom Alice Booth dari Universitas Leiden.

“Apa yang membuat ini lebih menarik adalah bahwa kita sekarang mengetahui bahwa molekul kompleks yang lebih besar ini tersedia untuk memberi makan planet pembentuk di dalam piringan. Ini tidak diketahui sebelumnya, karena di sebagian besar sistem, molekul-molekul ini tersembunyi di dalam es,” ujarnya.

Kelimpahan dimethyl ether di daerah pembentuk bintang, ditambah dengan penemuan ini, menunjukkan bahwa molekul tersebut mungkin juga melimpah di piringan protoplanet. Ini juga berarti bahwa mungkin untuk melacak jalur antarbintang penuh dari molekul-molekul ini, dari pembibitan bintang hingga planet.

 

“Kami sangat senang bahwa kami sekarang dapat mulai mengikuti seluruh perjalanan molekul kompleks ini dari awan yang membentuk bintang, hingga cakram pembentuk planet, dan hingga komet,” kata astronom Nienke van der Marel dari Observatorium Leiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement