Senin 07 Mar 2022 01:20 WIB

Kota Terdingin di Dunia Suhunya Minus 60 Derajat Celcius, Ada di Mana?

Tidak cuma kutub selatan yang memiliki suhu dingin ekstrem secara konstan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi - Salju tebal. Beberapa kota di dunia memiliki suhu sedingin kutub.
Foto: AP Photo/Dar Yasin
Ilustrasi - Salju tebal. Beberapa kota di dunia memiliki suhu sedingin kutub.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak cuma kutub selatan yang memiliki suhu dingin  ekstrem secara konstan. Beberapa kota di dunia juga memiliki itu. Gelar kota terdingin adalah milik Yakutsk di Republik Sakha, Rusia.

Suhu di Yakutsk mencapai minus 76 derajat Fahrenheit atau setara dengan minus 60 derajat Celcius. Sebagian warga bersikeras pernah melewati hari dengan suhu yang jauh lebih dingin, tetapi tak terbaca termometer.

Baca Juga

Jumlah penduduk di Kota Yakutsk sekitar 336.200 orang, mayoritas bekerja di perusahaan tambang berlian Alrosa. Meski Yakutsk saat ini memiliki predikat sebagai kota terdingin, ada tempat lain yang lebih dingin.

Kota Oymyakon di Rusia dengan sekitar 500 orang penduduk pernah mencapai suhu terdingin pada 1924, yakni minus 96,2 derajat Fahrenheit atau minus 71,2 derajat Celsius. Uniknya, letak kedua lokasi itu tidak berdekatan.

Yakutsk dan Oymyakon berjarak sejauh 577 mil atau 928 kilometer yang memakan waktu sekitar 21 jam. Jadi, mengapa kedua tempat itu sama-sama punya suhu menusuk tulang?

Profesor meteorologi di Millersville University, Pennsylvania, Amerika Serikat, Alex DeCaria, menjelaskan alasannya. Dia menyampaikan bahwa Siberia, kawasan tempat kota itu berada, punya kombinasi lintang tinggi dan daratan yang begitu luas.

Suhu ekstrem, sangat tinggi maupun sangat rendah, cenderung terjadi di atas benua karena daratan memanas dan mendingin lebih cepat daripada lautan. Dalam kasus Siberia, lapisan salju juga berperan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement