Jumat 04 Mar 2022 19:39 WIB

Wonderkid Kelas Dunia Milik Ajax Diperebutkan, Ini Sosoknya

Mulai dari Madrid, Juventus, dan Muenchen memburunya.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Matheus Nunes (kiri) beraksi melawan pemain Ajax Ryan Gravenberch (kanan) pada pertandingan sepak bola Grup C Liga Champions UEFA di Stadion Jose Alvalade di Lisbon, Portugal, beberapa waktu lalu.
Foto: EPA-EFE/ANTONIO COTRIM
Matheus Nunes (kiri) beraksi melawan pemain Ajax Ryan Gravenberch (kanan) pada pertandingan sepak bola Grup C Liga Champions UEFA di Stadion Jose Alvalade di Lisbon, Portugal, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Penggawa Ajax Amsterdam, Ryan Gravenberch menjadi buah bibir. Ia salah pemain muda yang diincar para raksasa Eropa.

Sejak berada di tim utama Ajax, ia berkembang pesat. Gravenberch tak tergantikan di lini tengah De Joden. Sosok 19 tahun itu bahkan telah berada di skuad Belanda level senior. 

Baca Juga

Kontrak sang wonderkid bersama Raksasa Negeri Kincir Angin hingga Juni 2023. Tersisa 16 bulan lagi. Nampaknya kedua kubu tak melanjutkan kerja sama.

Itu artinya, Ajax harus melepas Gravenberch pada bursa transfer terdekat. Sebab jika menunggu hingga tahun depan, yang bersangkutan bakal berstatus agen bebas. Sederet elit benua biru siap memanfaatkan momentum ini.

"Situasi demikian, menarik perhatian Real Madrid, Bayern Muenchen, dan Juventus," demikian laporan yang dikutip dari thehardtackle.com, Jumat (4/3/2022).

Dimulai dari Madrid. Awalnya El Real ingin menjadikan Gravenberch sebagai pengganti Isco dan Dani Ceballos. Belakangan, Los Blancos justru berharap jagoan Belanda itu menggantikan peran Luka Modric.

Pasalnya Modric telah berusia 36 tahun. Kapten Kroasia itu tak lagi memiliki banyak waktu untuk bersaing di level tertinggi. Gravenberch berpotensi jadi suksesornya di Santiago Bernabeu.

Berikutnya, Muenchen. FC Hollywood mengantisipasi hengkangnya Corentin Tolisso. Nama terakhir memasuki tahun terakhir dalam kontraknya di FC Bayern.

Tampaknya, ia akan meninggalkan Allianz Arena sebagai agen bebas. Die Roten mencari penggantinya. Nama Gravenberch muncul ke permukaan.

"Teranyar, raksasa Serie A, Juventus ikut dalam perburuan," tambah laporan dari thehardtackle.

Juve dinilai memiliki kebutuhan yang lebih mendesak akan kehadiran gelandang kelas dunia. Saat ini, Manuel Locatelli satu-satunya sosok andal di lini tengah Bianconeri. Adrien Rabiot dan Aaron Ramsey disebut-sebut bakal dilepas. Nama terakhir sedang menjalani masa peminjaman di Glasgow Rangers. 

Ajax terbuka pada berbagai kemungkinan. De Joden membanderol Gravenderch di kisaran 35 juta euro. Angka demikian, dinilai mampu dipenuhi para peminat.

Sang wonderkid sudah membela de Godenzonen dalam 94 laga di berbagai ajang. Selama periode tersebut, ia mencetak 10 gol dan menyumbang 11 assists.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement