Jumat 25 Feb 2022 21:30 WIB

Apple Dikabarkan akan Kembangkan Laptop Layar Lipat

Apple dikabarkan mengembangkan laptop layar lipat 20 inci.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
Apple dikabarkan mengembangkan laptop layar lipat 20 inci.
Foto: Ubergizmo
Apple dikabarkan mengembangkan laptop layar lipat 20 inci.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut kabar terbaru, Apple tengah mengembangkan laptop yang dapat dilipat dengan layar 20 inci. Kabar tersebut datang dari Analis Display Supply Chain Consultants (DSCC) Ross Young.

Beberapa kali apa yang dilaporkan Young benar tentang produk Apple di masa depan. Jika akurat, Apple mungkin ingin memperkenalkan kategori produk baru laptop dengan layar yang dapat dilipat. Menurut Young, produk itu mempunyai fungsi ganda sebagai notebook dengan keyboard layar ukuran penuh saat dilipat dan monitor saat dibuka serta digunakan dengan keyboard eksternal.

Baca Juga

Selain ukuran layar 20 inci, Apple disebut mempertimbangkan resolusi layar minimal 4K dengan kemungkinan opsi yang lebih tinggi. Meskipun tidak ada indikasi tentang jenis merek apa yang mungkin dimiliki notebook lipat Apple, banyak sumber mengaitkannya dengan lini MacBook karena ukuran layarnya lebih dari iPad atau perangkat lipat lainnya di pasaran yang jauh lebih kecil dengan perbandingan.

Namun, jika Apple memperkenalkan kategori produk baru dengan notebook yang dapat dilipat, ada kemungkinan perusahaan juga dapat mengungkapkan merek baru. Apple tidak menjadi tablet besar pertama yang dapat dilipat. Sebab, Asus akan meluncurkan tablet Windows 17-inci pertama yang dapat dilipat akhir tahun ini yang disebut Zenbook 17 Fold.

Sementara Samsung yang pemimpin gawai seluler saat ini dengan layar yang dapat dilipat, juga menampilkan Galaxy Flex Note di CES awal tahun ini. Namun, layar 20 inci pasti akan menjadi yang pertama. Young percaya minat Apple dalam memperluas opsi yang dapat dilipat menjadi kabar baik untuk pasar.

Dikutip Digital Trends, Jumat (25/2/2022), analis mengatakan Apple tidak terburu-buru untuk merilis perangkat lipat dalam bentuk apa pun dengan jadwal peluncuran potensial untuk notebook yang dapat dilipat sekitar tahun 2026 atau 2027. iPhone yang dapat dilipat pernah dijadwalkan untuk rilis tahun 2023 atau 2024, tetapi sekarang diperkirakan akan diluncurkan sekitar tahun 2025.

Analis rantai pasokan Apple terkenal lainnya, Ming-Chi Kuo, mengklaim, iPhone yang dapat dilipat dapat terjual hingga 20 juta unit setiap kali dirilis. Mungkin rentang waktu antara sekarang dan peluncuran akan membangkitkan minat yang sama pada notebook yang dapat dilipat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement