Ahad 20 Feb 2022 13:20 WIB

Jutaan Situs WordPress Terima Pembaruan Paksa

Peneliti keamanan menemukan bug yang mudah dieksploitasi di WordPress.

Rep: Meiliza Laveda/Noer Qomariah/ Red: Dwi Murdaningsih
Wordpress.

Statistik yang disediakan oleh WordPress.org menunjukkan 1,7 juta situs menerima pembaruan pada Kamis dan lebih dari 287 ribu telah menginstalnya pada rilis UpdraftPlus. WordPress mengatakan plugin memiliki lebih dari tiga juta pengguna.

“Jika situs WordPress Anda mengizinkan pengguna yang tidak tepercaya untuk memiliki login WordPress dan jika Anda memiliki cadangan yang ada, maka Anda berpotensi rentan terhadap pengguna yang mencari cara untuk mengunduh cadangan yang ada. Situs yang terpengaruh akan berisiko kehilangan atau pencurian data melalui penyerang yang mengakses salinan cadangan situs Anda,” kata UpdraftPlus.

“Anda harus segera memperbarui dan kami tetap menyarankan memperbarui dalam hal apa pun,” tambahnya.

Dikutip Ars Technica, Ahad (20/22), Montpas mengatakan kerentanan itu berasal dari beberapa kekurangan. Yang pertama adalah implementasi UpdraftPlus dari fungsi Hearbeat WordPress. UpdraftPlus tidak memvalidasi dengan benar bahwa pengguna yang mengirim permintaan memiliki hak administratif. Itu mewakili masalah serius karena fungsinya mengambil daftar semua pekerjaan pencadangan aktif dan tanggal pencadangan terbaru situs. Termasuk dalam nonce khusus yang digunakan plugin untuk mengamankan cadangan.

“Penyerang dapat membuat permintaan jahat yang menargetkan panggilan balik Heartbeat ini untuk mendapatkan akses ke informasi tentang cadangan terbaru situs hingga saat ini yang antara lain akan berisi nonce cadangan,” ujar Montpas.

Kekurangan kedua ada di fungsi may_download_backup_from_email. Variabel fungsi yang digunakan untuk memvalidasi bahwa pengguna adalah admin sebelum mengizinkan mereka mengunduh cadangan rentan terhadap peretasan yang memungkinkannya dimodifikasi oleh orang yang tidak tepercaya.

 

Jika Anda mengoperasikan situs yang berjalan di CMS WordPress dan sudah menginstal UpdraftPlus, kemungkinan besar situs tersebut telah diperbarui. Untuk memastikannya, periksa apakah nomor rilis plugin adalah 1.22.4 atau lebih baru untuk versi gratis atau 2.22.4 atau lebih baru untuk versi premium.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement