Jumat 18 Feb 2022 17:59 WIB

GSK Hentikan Uji Coba Tahap Akhir Vaksin RSV pada Ibu Hamil

GSK tak menyebutkan alasan penghentian uji coba vaksin RSV pada ibu hamil.

Pabrik GlaxoSmithKline (GSK). Produsen vaksin terbesar di dunia, GSK, menghentikan uji coba tahap akhir vaksin RSV pada ibu hamil atas rekomendasi komite independen.
Foto:

Dari mereka yang dirawat di rumah sakit, CDC mengatakan, ada sekitar 100 hingga 500 kematian yang melibatkan orang yang sangat muda. Angkanya sekitar 14 ribu kematian yang melibatkan lansia.

Perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Moderna Inc, berencana meluncurkan vaksin booster kombinasi Covid-flu-RSV. Vaksin single untuk melawan Covid-19, flu, dan virus penyebab infeksi di saluran napas dan paru (RSV) tersebut ditargetkan selesai pada akhir 2023.

Dalam pengumuman resminya, Senin (17/1/2022), Moderna berharap vaksin kombinasi ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang malas mendapatkan vaksin suntikan pertama, kedua, atau bahkan ketiga dalam jarak dekat. Dosis vaksin ini cukup sekali suntik setiap tahun.

"Skenario kasus terbaik adalah musim gugur 2023. Tujuan kami bisa merampungkan single booster sehingga kita bisa keluar dari masalah kepatuhan, di mana warga tidak perlu pergi mendapatkan dua hingga tiga suntikan di musim dingin. Tetapi cukup mendapatkan satu dosis,” kata Kepala Eksekutif Moderna, Stephane Bancel, seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (18/1/2022).

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement