Rabu 09 Feb 2022 15:15 WIB

Bosan Pakai Instagram? Begini Cara Cara Hapus Akun di Ponsel dan Komputer

Meta tetap akan menyimpan data pengguna selama 30 hari setelah pemintaan hapus.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Instagram
Foto: EPA
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jika Anda sudah tidak ingin bermain Instagram karena alasan tertentu, Anda bisa menghapusnya. Namun, menghapus akun Instagram tidak semudah yang Anda kira.

Hapus akun Instagram di Android dan iOS

Baca Juga

Cara termudah yang Anda bisa lakukan melalui aplikasi Instagram di ponsel. Meski begitu, opsi untuk menghapus untuk Instagram tidak tersedia untuk semua pengguna.

Untuk memeriksanya, pertama Anda bisa membuka profil Anda. Lalu ketuk menu hamburger atau tiga garis yang terletak di ujung kanan atas dan pilih “Settings.” Kemudian pilih opsi “Account” dan gulir ke bawah ke bawah. Anda mungkin melihat tombol “Delete account” di bawah tombol “Branded content.”

Jika Anda memilikinya, Anda bisa mengetuk opsi itu. Nantinya, akan ada pertanyaan seperti apakah Anda ingin menghapus atau menonaktifkan akun. Anda dapat membaca lebih lanjut tetang opsi lain di bagian “Temporarily suspending your Instagram account.”

Jika Anda menekan tombol “Delete account,” akan muncul pesan yang mengatakan Anda dapat menghentikan proses penghapusan pada tanggal tertentu jika Anda log in kembali. Ketuk tombol merah “Continue deleting account button: dan aplikasi akan memandu Anda untuk menyelesaikan proses.

 

Hapus akun Instagram di web

Jika Anda tidak memiliki opsi “Delete account,” Anda dapat mencobanya di web. Anda bisa menggunakan komputer atau ponsel selama Anda menggunakan browser. Pertama, Anda harus pergi ke halaman permintaan penghapusan akun khusus Instagram (https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/) atau Anda bisa mengikuti tautan di artikel bantuan penghapusan akun Instagram.

Jika Anda tidak masuk ke Instagram untuk web, Anda harus memasukkan kredensial Anda. Kemungkinan besar Anda harus memasukkan kata sandi dua kali selama proses penghapusan.

Anda akan berakhir di halaman dengan logo Instagram lama dan menu dropdown menanyakan alasan Anda ingin menghapus akun. Bergantung pada opsi yang Anda pilih, Anda mungkin diperlihatkan berbagai tautan ke pusat bantuan Instagram yang menjanjikan untuk memperbaiki masalah Anda atau pesan yang mengingatkan Anda untuk memeriksa akun mana yang Anda hapus.

Apa pun yang Anda pilih akan ada kotak di bawah tautan yang meminta Anda memasukkan kembali kata sandi. Setelah Anda melakukannya, ketuk atau klik tombol yang bertuliskan “Delete (your account name)" dan konfirmasi jika Anda sudah yakin.

Meta tidak akan langsung menghapus data Anda. Setidaknya, mereka akan menyimpannya selama 30 hari. Namun, profil dan unggahan Anda akan disembunyikan di situs.

Dilansir The Verge, Rabu (9/2), Anda tidak akan dapat mengembalikan akun jika sudah lebih dari 30 hari sejak Anda meminta Instagram untuk menghapusnya. Anda harus membuat ulang akun Anda. Namun, jika Anda masih dalam periode waktu 30 hari, Anda bisa mendapatkan kembali akun Anda beserta postingan dan isi Direct Message.

Untuk melakukannya, cukup kembali ke Instagram dan masuk dengan kredensial Anda. Anda akan melihat pesan yang mengatakan bahwa Anda meminta akun Anda dihapus bersama dengan tanggal data Anda akan hilang. Agar hal itu tidak terjadi, cukup tekan tombol “Keep account.”

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement