Selasa 08 Feb 2022 19:04 WIB

Cara Agar Terhindar dari Spyware Pegasus

Versi paling awal Pegasus ditangkap oleh para peneliti pada tahun 2016.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Pegasus, perangkat mata-mata buatan Israel
Foto:

Jika Anda sudah menjadi korban serangan Pegasus, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan selanjutnya:

 

  1. Jika Anda telah menjadi target, cobalah untuk mencari jurnalis dan ceritakan kisah Anda kepada mereka. Hal yang akhirnya menjatuhkan banyak perusahaan pengawasan adalah publisitas yang buruk. Reporter dan jurnalis menulis tentang pelanggaran dan mengungkap kebohongan, kesalahan dan seluruh bentuk kejahatan.
  2. Ubah perangkat Anda. Jika Anda menggunakan iOS, coba pindah ke Android untuk sementara waktu, dan sebaliknya. Ini mungkin membingungkan penyerang untuk beberapa waktu.
  3. Miliki perangkat sekunder, terutama yang dapat menjalankan GrapheneOS, untuk komunikasi yang aman. Gunakan kartu SIM prabayar di dalamnya, atau, sambungkan hanya dengan Wi-Fi dan TOR saat dalam mode airplane.
  4. Hindari messenger di mana Anda perlu memberikan kontak dengan nomor telepon Anda. Setelah penyerang memiliki nomor telepon, mereka dapat dengan mudah menargetkan Anda di banyak aplikasi perpesanan yang berbeda melalui iMessage, WhatsApp, Signal, Telegram, mereka semua terikat dengan nomor telepon Anda. Pilihan baru yang menarik di sini adalah “Session”, yang secara otomatis merutekan pesan Anda melalui jaringan onion-style dan tidak bergantung pada nomor telepon.
  5. Cobalah untuk menghubungi peneliti keamanan di daerah Anda dan terus-menerus mendiskusikan praktik terbaik. Bagikan artefak, pesan mencurigakan, atau log kapan pun Anda merasa ada keanehan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement