Rabu 02 Feb 2022 09:10 WIB

Canggih! Toserba Jepang Uji Coba Kasir Hologram

Register hologram akan muncul sebagai uji coba di enam cabang 7-eleven di Tokyo.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Toko serba ada Jepang, 7-eleven melakukan uji coba pembayaran mandiri nirkontak baru.
Foto: toshiba corp
Toko serba ada Jepang, 7-eleven melakukan uji coba pembayaran mandiri nirkontak baru.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Toko serba ada Jepang, 7-eleven melakukan uji coba pembayaran mandiri nirkontak baru. Dijuluki “Digi POS”, register baru ini menampilkan teknologi tampilan non-kontak/udara pertama di dunia untuk mesin kasir POS.

Pada 28 Januari, 7-Eleven membagikan tampilan pertama register hologram baru dengan video yang menunjukkan cara kerjanya. Dilansir dari Japan Today, Rabu (2/2/2022), Tampilan udara (aerial displays) masih relatif jarang dan terutama digunakan untuk layanan resepsi di hotel dan kantor, atau sebagai papan nama digital.

Baca Juga

Namun, menurut Toshiba Tec, yang memimpin proyek enam perusahaan, ini adalah pertama kalinya teknologi tersebut digunakan dalam sistem POS. Mesin kasir hologram sangat mudah digunakan.

 

Yang harus Anda lakukan adalah memindai produk yang ingin Anda beli. Kemudian register panel sentuh akan muncul, terlihat dari sudut pengguna tetapi tidak terlihat oleh orang lain.

Anda kemudian dapat melanjutkan untuk memindai produk lain atau memilih beberapa item tambahan seperti minuman panas atau dingin dari bagian “Seven Cafe”, yang merupakan mesin minuman swalayan di konter depan.

Dalam demonstrasi ini, pengguna memilih kopi panas berukuran biasa dan kopi panas berukuran besar. Setelah menekan tombol “OK”, pengguna dibawa ke layar konfirmasi untuk mengonfirmasi pesanan sebelum menekan tombol oranye “lanjutkan ke pembayaran”.

Selanjutnya yang tersisa untuk dilakukan adalah memilih metode pembayaran tanpa uang tunai, yang kemudian akan mengharuskan Anda untuk memindai kartu atau ponsel cerdas Anda. Pembelian selesai.

Register panel sentuh mengambang dikembangkan sebagai proyek bersama antara enam perusahaan berbeda. Toshiba Tec, yang menciptakan sistem pembayaran POS dan bertanggung jawab atas pemasangan dan perakitannya di toko. 7-Eleven, yang akan melengkapi tokonya dengan produk dan membantu pelanggan dalam penggunaannya sambil juga memverifikasi keefektifannya.

Asukanet Development, yang memproduksi dan menjual pelat untuk tampilan udara. Kanda Kogyo Development, yang memproduksi dan menjual tampilan udara. Mitsui Chemicals Development, yang memproduksi dan menjual perekat “Structbond” yang digunakan untuk pelat pajangan udara. Terakhir, Mitsui Bussan Plastic, yang terlibat dalam penjualan dan pengembangan modul tampilan udara.

Register apung terdiri dari layar datar, elemen optik (pelat tampilan udara), dan modul sensor untuk mendeteksi gerakan jari.

Register hologram akan muncul sebagai uji coba pengantar di enam cabang 7-eleven di Tokyo, mulai 1 Februari. Item yang dapat dibeli saat ini terbatas pada produk di dalam toko, tidak termasuk item seperti alkohol, rokok, perangko, kartu pos, dan layanan seperti pengiriman kurir, pembayaran tagihan listrik, voucher tunai, dan pengisian ulang akun.

Tujuan dari register nirsentuh ini adalah untuk mengurangi risiko infeksi virus corona, meskipun juga berpotensi mengurangi beban kerja staf di masa mendatang. Di sini diharapkan pelanggan menggunakan sistem dengan jujur sehingga dapat melihat banyak terminal muncul di toko serba ada di seluruh negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement