Kamis 27 Jan 2022 08:53 WIB

Minuman Manis Ini Ada Kaitannya dengan Risiko Kanker

Studi di British Medical Journal ungkap jenis minuma yang ada kaitanya dengan kanker.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Jus buah (ilustrasi). Peneliti menemukan bahwa konsumsi minuman manis berhubungan secara signifikan dengan risiko kanker secara keseluruhan.
Foto:

Chazelas dan rekannya turut memperhitungkan pembaur potensial, seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, serta risiko kanker herediter. Faktor gaya hidup peserta tidak lepas dari pemantauan, misalnya kebiasaan merokok dan pola olahraga.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa konsumsi minuman manis berhubungan secara signifikan dengan risiko kanker secara keseluruhan. Akan tetapi, rupanya konsumsi minuman yang mengandung pemanis buatan tidak terkait dengan risiko kanker.

Jenis minuman yang punya hubungan signifikan justru konsumsi jus buah 100 persen, namun peneliti menekankan bahwa kesimpulan definitif tidak boleh diambil. Hasil ini membutuhkan replikasi dalam studi prospektif skala besar lainnya, menurut Chazelas.

Mereka menyampaikan bahwa minuman manis yang banyak dikonsumsi di negara-negara Barat mungkin mewakili faktor risiko terjangkitnya kanker. Mengetahui relasi signifikan dapat memicu modifikasi faktor untuk pencegahan kanker, dikutip dari laman Express, Rabu (26/1/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement