Kamis 27 Jan 2022 00:10 WIB

Mau Internet Gratisan? Ini 3 Bahaya Pakai Wi-Fi Publik

Wifi publik berisiko penyebaran malware.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Wifi
Foto:

 

3.Jaringan WiFi bisa menjadi jebakan

Saat WiFi menjadi terjangkau dan tersebar luas, lebih banyak jaringan gratis yang bermunculan. Menghubungkan ke jaringan acak tanpa mengetahui penyedianya adalah aktivitas berisiko tinggi dan itu tidak disarankan karena sejumlah alasan.

Scammers telah mulai menyiapkan jaringan WiFi palsu dengan harapan mereka dapat mencuri kata sandi dan informasi pribadi lainnya. Jika Anda terhubung ke jaringan yang disebut sesuatu seperti “Wi-Fi gratis,” tanpa kata sandi yang diperlukan dan tidak ada layar pembuka, itu mungkin jebakan.

Meskipun Anda akan dapat menjelajahi web seperti biasa, pada kenyataannya, Anda jatuh untuk skema phishing yang rumit. Anda tidak akan dapat mengetahuinya, tetapi Anda dapat memasukkan nama pengguna dan kata sandi email Anda ke dalam versi palsu dari situs yang Anda pikir sedang Anda kunjungi dan memberikan kata sandi Anda kepada penipu.

OpenSSL tidak dapat melindungi Anda dalam kasus seperti itu. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menyambungkan ke jaringan WiFi hanya jika Anda tahu siapa yang menjalankannya. Tanyakan kepada pemilik bisnis apa nama jaringan mereka untuk memastikan Anda terhubung ke sesuatu yang sah.

Intinya, ada beberapa poin penting yang perlu diingat jika Anda ingin tetap aman:

-Jika lalu lintas Anda tidak dienkripsi, siapa saja dapat mengetahui aktivitas daring.

-Pastikan Anda telah mengaktifkan sistem firewall dan Anda memiliki perlindungan malware terbaru.

 

-Jika keamanan adalah suatu keharusan, pertimbangkan untuk menggunakan WiFi publik hanya melalui layanan VPN terenkripsi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement