Senin 17 Jan 2022 14:43 WIB

Peluang Kerja Baru Bidang Metaverse yang Patut Dicoba

Metaverse memberikan paradigma baru dalam berbagai bidang termasuk tenaga kerja.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
 Orang-orang mengunjungi karya seni oleh seniman digital media baru Turki-Amerika Refik Anadol yang berjudul
Foto:

Pembuat acara TV

Selanjutnya, metaverse juga akan membuka peluang bagi metaverse TV show creator. Mengingat, ke depannya bukan tak mungkin sebuah pertunjukan televisi juga akan dikemas dalam balutan metaverse. Artinya, avatar akan berperan sebagai aktor dalam pertunjukan itu sehingga masyarakat bisa lebih mendalami pertunjukan metaverse reality show. Dunia hiburan di metaverse bukan tak mungkin akan menjadi industri tersendiri.

Perencana event

Di era metaverse, juga akan mulai banyak berlangsung kegiatan, seperti pernikahan, fashion show, dan konferensi yang digelar. Artinya, gelaran itu akan sangat membutuhkan metaverse event planner agar seluruh kegiatan itu bisa berlangsung dengan baik dan imersif.

Dengan begitu, peluang untuk menjadi entrepreneur sebagai penyelenggara berbagai event pun terbuka lebar. Profesi event organizer untuk acara seperti konser atau pernikahan pun, berpotensi mendapat wahana baru untuk berkreasi.

Metaverse security manager

Di satu sisi, penerapan metaverse juga berpotensi mengancam privasi pengguna. Tentu, hal ini perlu diantisipasi sehingga pengguna tetap bisa menikmati dunia virtual dengan nyaman.

Oleh karena itu, pengembangan metaverse juga harus dibekali dengan sistem keamanan yang andal. Di situlah penerapan dunia virtual ini membuka peluang kerja bagi metaverse security manager.

Pengembang ekosistem metaverse

Dunia baru ini juga akan membuka peluang kerja bagi ecosystem developers. Mengingat dunia eksistensi dunia virtual tentu membutuhkan dukungan dari berbagai sektor. Mulai dari pemerintah, organisasi internasional, dan perusahaan multinasional, agar teknologi ini bisa memberikan manfaat positif yang masif bagi masyarakat yang akan menjadi penghuninya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement