Senin 10 Jan 2022 16:18 WIB

Sepak Terjang BlackBerry dan Awal Mula Kemundurannya

BlackBerry ada di mana-mana sebelum iPhone dan Android hadir.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
BlackBerry Tour
Foto:

Tablet Blackberry

Blackberry juga pernah membuat OS untuk tablet. Itu didasarkan pada QNX yang baru saja diakuisisi dan dirancang untuk operasi sentuh saja.  

Perangkat itu memulai debutnya di tablet pada 2010, khususnya BlackBerry PlayBook. Selain versi 3G pada tahun 2011 apalagi nama 4G, HSPA adalah 3G dan versi 4G LTE yang tepat pada tahun 2012, BlackBerry tidak pernah membuat tablet lain. Tetapi OS tablet tetap hidup, setidaknya sebagian.

BlackBerry 10 OS yang hadir dengan Z10, juga didasarkan pada QNX dan ditingkatkan pada ide dari Tablet OS (sebenarnya, Playbook telah diperbarui ke 10).

Usaha lain

Bagaimanapun, di samping Z10 datanglah BlackBerry Q10. Beberapa bulan kemudian datang versi yang lebih murah, Q5.

Puncak dari seri ini adalah Z30 dari akhir 2013, yang menambahkan layar yang lebih besar (5.0" AMOLED) dibandingkan dengan Z10, chipset Snapdragon S4 Pro yang lebih cepat, baterai yang lebih besar, dan peningkatan lainnya.

Tentu saja, ada keyboard QWERTY di bawah layar.  Itu cukup lebar, memberi Anda banyak ruang untuk mengetik dua ibu jari.  Tapi itu juga "kecil" dalam arti selain 26 tombol huruf, hanya ada Spasi, Enter dan Delete.  Untuk angka Anda harus mengandalkan layar sentuh.  

Keyboard sensitif terhadap sentuhan, artinya Anda dapat menggunakannya sebagai touchpad untuk memindahkan kursor teks.  Sedangkan untuk saran kata, Anda dapat menggeser ke atas pada keyboard di bawah saran yang diinginkan untuk menerimanya.

Ini adalah BlackBerry pertama yang menjalankan Android dan sekaligus menjadi BlackBerry terakhir.  

Selain itu, meskipun OS BlackBerry 10 memiliki dukungan untuk aplikasi Android, fitur itu tidak pernah berfungsi dengan baik. Pengguna harus bergantung pada toko pihak ketiga seperti Amazon Appstore. Setelah menjalankan Android sebenarnya (5.1 Lollipop, khususnya), Priv memiliki akses penuh ke Google Play Store. 

Blackberry juga memiliki Blackberry Hub yang menggabungkan panggilan, teks, dan pesan BBM ke dalam satu aplikasi. Namun, karena dunia telah beralih ke WhatsApp dan aplikasi IM lainnya, Hub terasa jauh kurang kuat dan esensial.

Dulu, banyak rekan dan teman Anda yang bisa dihubungi di BBM, BlackBerry Messenger. Namun, perlahan mulai menurun. Dan pada tahun 2013 ketika BBM dirilis untuk iOS dan Android, berjalan pada perangkat keras non-BB untuk pertama kalinya, itu sudah terlambat. 

 

Sebuah perusahaan bernama Onward Mobility telah menjanjikan untuk membuat ponsel BlackBerry baru tentu saja dengan keyboard QWERTY. Namun, sampai saat ini belum terlihat wujudnya. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement