Jumat 07 Jan 2022 17:42 WIB

Intip Teknologi Unik dan Canggih di Gelaran CES 2022

Teknologi masker canggih pelawan covid-19 hingga mobil otonom hadir di CES.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
LG menghadirkan TV OLED 97 in di CES 2022.
Foto:

 

Kipas pendingin masker dan filter masker

Pengusaha Eric Fouchard bosan merasa panas dan pengap saat mengenakan masker. Jadi dia membuat sistem ventilasi kecil yang bisa diletakkan di bawah masker. 

Kipas dipegang di tempatnya dengan rakitan magnet dan ditenagai oleh baterai isi ulang kecil yang dipegang di tali yang melewati bagian belakang leher pengguna.

Selain itu, di gelaran CES juga dipamerkan masker berisi filter ‘aktif’. Penemu masker tersebut mengatakan mereka dapat menghentikan polusi, bakteri, dan bahkan Covid.

Salah satu pendiri Airxom Franck Glaizal mengatakan ini adalah alat yang fantastis untuk melawan krisis Covid.

“Masker tradisional tidak 100 persen kedap udara, udara melewati bagian samping. Masker kami benar-benar kedap udara,” kata Trong Dai Nguyen, seorang insinyur di perusahaan tersebut.

Model saat ini akan dirilis dalam beberapa bulan, dengan harga sekitar 340 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 4,8 juta.

Balapan Mobil Otonom

Teknologi mobil otonom juga hadir di CES. Mobil ini sepenuhnya digerakan oleh perangkat lunak. "Ada perangkat lunak yang memberi tahu mobil apa yang harus dilakukan,” kata Paul Mitchell, presiden dan CEO Energy Systems Network, penyelenggara kompetisi balap Indy Autonomous Challenge.

Kompetisi mobil otonom akan berlomba pada Jumat (7/1/2022) di Las Vegas Motor Speedway dengan kecepatan hingga 160 mil (hampir 260 kilometer) per jam. Latihan ini bukan hanya untuk bersenang-senang. Mitchell mengatakan kompetisi tersebut menguji teknologi otonom dengan kecepatan tinggi sehingga, suatu hari, mobil dapat beroperasi sendiri di jalan raya.

“Mobil balap dan balapan secara umum adalah platform yang bagus untuk mendorong teknologi ke ujung yang mutlak,” kata Mitchell.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement