Rabu 29 Dec 2021 13:06 WIB

5 Keuntungan Menggunakan Mode Penyamaran pada Browser Anda

Di mode penyamaran, browser tidak menyimpan riwayat penelusuran, cookie, data situs.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Browser (Ilustrasi)
Browser (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mode penyamaran atau mode incognito dapat memberikan pengguna lebih banyak privasi. Saat Anda menjelajahi web penyamaran, browser tidak menyimpan riwayat penelusuran, cookie, data situs, atau informasi yang Anda masukkan dalam formulir.

Meskipun Anda tidak memiliki anonimitas sejati dalam mode penyamaran, tetapi itu tidak berarti tidak layak digunakan. Berikut sejumlah alasan mode penyamaran digunakan pada browser Anda, seperti dilansir USA Today, Rabu (29/12):

Baca Juga

Masuk ke beberapa akun email

Sangat menyebalkan ketika Anda ingin memeriksa kotak masuk pribadi, tetapi Anda masuk ke akun lain. Alih-alih menggunakan browser terpisah atau masuk dan keluar dari akun Anda, coba gunakan mode penyamaran. Anda bisa masuk ke email kantor menggunakan browser, lalu buka jendela penyamaran untuk akun pribadi Anda.

Hindari saran yang mengganggu

Platform Youtube dilengkapi dengan sejumlah cara untuk melakukan sesuatu. Misal, saat Anda membutuhkan informasi untuk mengganti aki mobil. Namun, Anda tidak ingin dibanjiri dengan saran tentang cara mengganti aki mobil setiap kali Anda mengunjungi Youtube atau situs serupa. Nah, di sini, Anda dapat menghindari saran yang menganggu dengan mencari dalam mode penyamaran.

Pemesanan perjalanan

Beberapa perusahaan perjalanan melacak apa yang Anda cari baru-baru ini dan akan menaikkan harga saat Anda mengunjungi situs. Jika Anda menggunakan mode penyamaran, Anda tidak perlu khawatir.

Bukan hanya industri perjalanan yang melakukan ini. Banyak situs belanja daring yang melakukan hal serupa dengan menguntit suatu barang dan dapat menaikkan harganya nanti.

Keluar dari zona nyaman

Kemungkinan besar Anda menghabiskan lebih banyak waktu menonton acara TV atau mendengarkan musik dalam beberapa bulan terakhir daripada biasanya. YouTube memberi Anda saran tentang apa yang harus ditonton berdasarkan riwayat tontonan.

Jika Anda ingin keluar dari zona nyaman, coba cari video baru dalam mode penyamaran. Anda akan mendapatkan perspektif baru tentang hiburan yang tidak didasarkan pada riwayat tontonan.

Lihat situs sebagai orang luar

Apakah Anda memiliki situs web sendiri dan ingin melihat seperti apa tampilannya bagi pengunjung baru? Anda dapat memeriksanya dalam mode penyamaran untuk perspektif baru.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement