Selasa 21 Dec 2021 11:12 WIB

Miliarder Jepang Kembali ke Bumi Seusai Wisata ke Luar Angkasa

Milyarder Jepan Yusaku Maezawa menghabiskan 2 pekan wisata luar angkasa.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih
Miliarder asal Jepang Yusaku Maezawa sesaat sebelum meluncur dengan pesawat ruang angkasa Soyuz MS-20 Rusia pada Rabu (8/12).  Milyarder Jepan Yusaku Maezawa menghabiskan 2 pekan wisata luar angkasa.
Foto: EPA
Miliarder asal Jepang Yusaku Maezawa sesaat sebelum meluncur dengan pesawat ruang angkasa Soyuz MS-20 Rusia pada Rabu (8/12). Milyarder Jepan Yusaku Maezawa menghabiskan 2 pekan wisata luar angkasa.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Seorang miliarder warga negara Jepang kembali ke Bumi pada Senin (20/12) setelah menghabiskan hampir dua pekan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Pria bernama Yusaku Maezawa itu merupakan salah satu yang beruntung menjadi "turis" wisata ke luar angkasa.

Dilansir dari united press international (UPI) pada Selasa (21/12), Maezawa kembali ke Bumi atau tepatnya di Kazakhstan pada Senin. Pengusaha berusia 46 tahun itu mendarat sekitar 90 mil tenggara Zhezkazgan, Kazakhstan, dalam kondisi berkabut.

 

Maezawa adalah turis pertama yang mengunjungi Stasiun Luar Angkasa Internasional sejak 2009. Tentu wisata ini tidak gratis. Maezawa harus membayar biaya yang tak sedikit untuk dapat menyaksikan bumi dari luar angkasa.

 

Selama ini Maezawa dikenal sebagai pendiri retailer fesyen Jepang, Zozo. Ia bergabung dalam perjalanan 12 hari itu bersama asisten produksi dan videografernya Yozo Hirano. 

 

Pesawat ruang angkasa tersebut dikomandoi oleh kosmonot Rusia Alexander Misurkin. Pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia dipesan melalui broker pesawat ruang angkasa Space Adventures yang berbasis di Virginia. Broker itu sebelumnya memesan 8 penerbangan ruang angkasa pribadi dengan roket Rusia sejak 2001 hingga 2009. 

 

Misi ruang angkasa Maezawa diluncurkan dari Kazakhstan pada 8 Desember. Selama perjalanan ke luar angkasa, Maezawa memposting video online untuk 1,5 juta subscriber YouTube-nya. 

 

Saat berada di orbit, ia melakukan beberapa tantangan, seperti makan makanan ringan dalam gravitasi nol dan menggunakan kamar mandi di luar angkasa. Badan antariksa Rusia Roscosmos membagikan rekaman langsung kapsul ruang angkasa yang lepas landas dari ISS dan kembali ke Bumi. Roscosmos juga menjemput kru setelah mendarat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement