Selasa 21 Dec 2021 05:29 WIB

Tahun Ini, China Pecahkan Rekor Peluncuran Luar Angkasa

China tahun ini melakukan peluncuran 50 kali ke orbit.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Pesawat ruang angkasa China generasi terbaru.
Foto:

Dilansir Space, Kamis (16/12), peluncuran ke-200 diikuti tujuh setengah tahun kemudian yang terjadi pada Desember 2014 dan peluncuran ke-300 dilakukan tiga setengah tahun kemudian pada Maret 2019.

Paling banyak 100 peluncuran Long March baru-baru ini diselesaikan hanya dalam dua tahun sembilan bulan yang menyoroti adanya peningkatan pesat dalam kegiatan peluncuran di China.

Sebelumnya, pada pukul 23.13 waktu setempat pada Senin (6/12), Jiuquan juga menjadi tuan rumah peluncuran oleh perusahaan peluncuran swasta China, Galactic Energy. Media pemerintah Xinhua melaporkan roket padat Ceres-1 berhasil mengirim lima satelit kecil ke orbit.

SpaceNews melaporkan sekarang perusahaan tengah merencanakan lima peluncuran Ceres-1 pada tahun 2022 untuk pelanggan komersial dan mengerjakan kendaraan peluncuran Pallas-1 yang lebih besar dan lebih kompleks. 

Tahun sibuk bagi SpaceX

Di sisi lain, tahun 2021 juga tahun yang cukup sibuk bagi perusahaan dirgantara SpaceX. Akhir pekan lalu, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat ini berhasil meluncurkan roket Falcon 9 untuk rekor ke-11 kalinya pada Sabtu (18/12).

Roket tersebut mengirimkan satelit Starlink ke orbit dari California dalam peluncuran sebelum fajar. Dilansir dari Space, Ahad (19/12), Roket Falcon 9 diterbangkan dari Space Launch Complex 4E di Vandenberg Space Force Station di California, membawa setumpuk 52 satelit Starlink. 

Kira-kira sembilan menit setelah lepas landas, tahap pertama roket kembali ke Bumi dan mendarat di dek kapal drone SpaceX yang paling produktif, “Of Course I Still Love You”, menandai pendaratan sukses ke-98 perusahaan. Dengan rekor penerbangan ke-11, booster Falcon 9 adalah roket SpaceX yang paling banyak terbang. 

“Kami baru saja melakukan pendaratan tahap pertama yang sukses,” Youmei Zhou, seorang insinyur propulsi untuk SpaceX, mengatakan selama siaran peluncuran langsung. 

Lepas landas pagi Sabtu (18/12) adalah salah satu yang memecahkan rekor karena menandai misi Falcon 9 ke-29 untuk SpaceX sejauh ini pada 2021. Ini semakin memperkuat rekor perusahaan baru untuk jumlah peluncuran roket terbanyak dalam setahun. (Rekor itu sebelumnya ditetapkan pada 2020, dengan SpaceX meluncurkan 26 roket Falcon 9.)

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, perusahaan dapat meluncurkan total 31 misi Falcon 9 tahun ini, karena ada dua peluncuran lagi yang akan lepas landas dari Florida. 

 

Misi pertama akan meluncurkan satelit komunikasi yang disebut Turksat 5B kurang dari 19 jam setelah misi Starlink berlayar ke orbit. Pada Selasa (21/12), SpaceX kembali dijadwalkan meluncurkan roket Falcon 9 lain yang membawa kapal kargo Dragon ke Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk NASA dari Launch Pad 39A badan tersebut di Kennedy Space Center di Florida. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement