Senin 13 Dec 2021 03:13 WIB

Cara Gunakan Kamera untuk Membuat Catatan Seperti Profesional

OCR dapat digunakan untuk mendigitalkan catatan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Jurnalis (Ilustrasi). Seseorang dapat melakukan digitalisasi catatan dengan pengenalan karakter optik.
Foto:

Gunakan fitur Teks Langsung Apple 

Apple baru-baru ini mengeluarkan fitur Teks Langsung dengan pembaruan iOS 15 yang baru. Sama seperti pengenalan teks yang berfungsi pada platform lain, Teks Langsung Apple dapat mendeteksi dan mengekstrak teks apa pun dalam foto, tangkapan layar, atau pratinjau kamera. 

Untuk ini, pengguna dapat membuka aplikasi Foto di iPhone mereka dan mencari foto atau tangkapan layar yang mereka inginkan teksnya. Mereka kemudian dapat menekan lama dan menahan kata-kata yang mereka inginkan untuk memilihnya.

Opsi salin akan ditampilkan setelah teks dipilih. Pengguna kemudian dapat menempel dan menggunakan teks di tempat pilihan mereka, seperti Pesan atau WhatsApp atau Twitter. 

Gunakan aplikasi dan layanan pihak ketiga 

Tentu saja, ketiga aplikasi di atas bukan satu-satunya yang mendukung OCR atau pengenalan teks. Teknologi ini, pada kenyataannya, cukup umum di seluruh platform sekarang, dan Anda dapat menggunakan sejumlah situs web online atau aplikasi pihak ketiga di ponsel Anda untuk melakukan hal yang sama. Cukup cara pengenalan teks online atau OCR online dan gunakan layanan yang muncul. 

 

Perhatikan bahwa pengenalan teks tidak sama dengan pemindaian dokumen, karena pemindaian tidak memungkinkan Anda mengekstrak teks dalam gambar ke tempat lain. Jadi pastikan Anda mengunduh/menggunakan layanan yang tepat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement