Kamis 02 Dec 2021 07:08 WIB

Fosil Dinosaurus Jenis Baru Ditemukan di Cile

Spesies dinosaurus memiliki senjata ekor tebas yang unik.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilmuwan menemukan fosil dinosaurus jenis baru di Cile. Dinosaurus ini mirip stegosaurus.
Foto:

Fosil itu berasal dari sekitar 72 juta hingga 75 juta tahun yang lalu dan tampaknya dewasa berdasarkan cara tulang menyatu. Vargas menjelaskan, fosil itu ditemukan dengan ujung depan rata di perutnya dan ujung belakangnya miring ke tingkat yang lebih rendah, hampir seperti terperangkap dalam pasir hisap.

Dari moncong seperti burung hingga ujung ekor, stegouros membentang sekitar dua meter tetapi hanya akan mencapai paha manusia. Ekornya mungkin untuk pertahanan melawan pemangsa besar, yang juga kemungkinan untuk tidak muncul dengan tulang seperti baju besi yang menonjol yang membuat stegouros kenyal.

Vargas menyatakan, bukan hanya ekor yang benar-benar aneh, tetapi juga dinosaurus itu dari selatan Cile. Wilayah ini belum pernah menghasilkan hewan jenis atau sebelumnya.

"Kami baru saja menggali permukaan ketika sampai pada pemahaman yang komprehensif tentang keanekaragaman dinosaurus,” kata ahli biologi Macalester College, Kristi Curry Rogers, yang bukan bagian dari penelitian ini.

"Stegourus mengingatkan kita bahwa jika kita melihat di tempat yang tepat pada waktu yang tepat, masih banyak lagi yang bisa ditemukan," ujarnya.

sumber : AP