Rabu 24 Nov 2021 10:24 WIB

Ilmuwan Sering 'Tertipu' Soal Pencarian Fosil di Mars

Ilmuwan sering terkecoh ketika menemukan 'fosil' di Mars.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dwi Murdaningsih
Mars
Foto:

Struktur mikroskopis di meteorit Allan Hills memiliki penampilan biologis yang berbeda. Metorit ini hanya 20-100 nanometer panjangnya yang merupakan ukuran nanobacteria. Ternyata ukurannya lebih kecil dari bentuk kehidupan yang diketahui.

Sejak itu, para ilmuwan membuang gagasan bahwa ada nanobacteria. Persoalan meteorit Alan Hills telah memudar tetapi masih membekas bagi kita semua.

"Kami telah tertipu oleh proses tiruan di masa lalu," kata penulis bersama Julie Cosmidis dalam siaran pers seperti dikutip dari laman Universe Today, Selasa (23/11).

Ia menambahkan, di banyak kesempatan, objek yang tampak seperti mikroba fosil tergambar di bebatuan kuno di bumi dan bahkan di meteorit dari Mars. Tetapi setelah dilakukan pemeriksaan lebih dalam, mereka ternyata memiliki asal-usul non-biologis.

Ia menambahkan, artikel ini kisah peringatan di mana pihaknya menyerukan penelitian lebih lanjut tentang proses tiruan kehidupan dalam konteks Mars. "Sehingga, kami menghindari jatuh ke dalam perangkap yang sama berulang-berulang," katanya.

Para penulis mengatakan, apapun yang Perseverance temukan di Mars mungkin terlihat seperti fosil. Namun, 'fosil' itu kemungkinan memiliki asal yang sangat ambigu. Jika Perseverance menemukan sesuatu, berita tentang penemuan akan menyebar dengan cepat.

Tetapi perlu hati-hati dan idealis dan para ilmuwan akan mendapatkan kesimpulan awal tentang kehidupan fosil di Mars. Cosmidis dan rekan penulisnya Sean McMahon dari Universitas Edinburgh mengatakan, sebuah Rover Mars hampir pasti akan menemukan sesuatu yang terlihat seperti fosil. Jadi, kemampuan membedakan dari struktur dan zat yang dibuat oleh zat kimia jadi sangat penting.

"Untuk setiap jenis fosil di luar sana, setidaknya ada satu proses non-biologis yang menciptakan hal-hal yang sangat mirip. Jadi, ada kebutuhan nyata untuk meningkatkan pemahaman kita tentang bagaimana bentuk-bentuk ini," ujarnya.

photo