Rabu 17 Nov 2021 15:50 WIB

Bahaya Tonton Tayangan tak Sesuai Umur Bagi Anak

Migrasi TV digital menjadikan opsi tontonan anak semakin beragam.

Ilustrasi TV Digital.
Foto:

Opsi tayangan televisi beragam

Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat bidang Kelembagaan, Hardly Stefano Pariela mengatakan, penonton akan mendapatkan konten yang lebih beragam setelah perpindahan sistem dari analog ke digital. Saat siaran digital nantinya juga akan ada siaran-siaran yang ditujukan khusus untuk penonton anak.

"Saluran spesifik untuk anak terus kami dorong, tetapi yang sudah ada harus terus diawasi dan orangtua perlu tetap mendampingi anak," kata Hardly.

Menteri Komunikasi dan Informatikan (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan sedang mempersiapkan kriteria dan mekanisme pembagian sebanyak 6,7 juta alat khusus penerima siaran digital atau Set Top Box (STB) secara gratis bagi keluarga miskin.

Menurut data terpadu kesejahteraan sosial Kementerian Sosial, ada 6,7 juta rumah tangga miskin di daerah yang akan migrasi dari siaran televisi analog ke digital. Dia mengatakan Kemenkominfo sedang mempersiapkan secara matang terkait penyaluran STB tersebut agar benar-benar tersalurkan pada keluarga miskin sebelum tahapan digitalisasi televisi atau Analog Switch Off (ASO) berjalan.

Johnny menekankan bahwa STB tersebut bukan sekedar dibagikan kepada masyarakat namun harus benar-benar diinstal sehingga televisi milik masyarakat bisa menerima siaran digital.

"Dari perangkat analog yang belum DVB-T2 (Penyiaran Video Digital - Terestrial Generasi Kedua) dipasang STB sampai bisa menerima siaran digital. Bukan bagi-bagi saja namun harus diinstal sehingga bisa menerima siaran televisi digital," ujarnya, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (16/11).

Kemenkominfo sudah membuat tiga tahapan terkati ASO yaitu tahap pertama tanggal 30 April 2022 di 56 wilayah siaran atau di 166 kabupaten/kota. Dia menjelaskan, tahap kedua, tanggal 25 Agustus 2022 di 31 wilayah siaran atau di 110 kabupaten/kota; dan tahap ketiga pada tanggal 2 November 2022 dengan 25 wilayah siaran atau 63 kabupaten/kota.

"Untuk ASO tahap pertama sudah 100 persen sehingga cukup menampung peralihan secara keseluruhan. Namun di tahapan kedua dan ketiga, pembangunan infrastruktur ditargetkan dua bulan selesai sebelum masa analog masing-masing," katanya.

Dia menegaskan bahwa tahapan tersebut disesuaikan dengan kesiapan di lapangan seperti infrastruktur dari analog ke digital, studio, sumber daya manusia, dan perangkat atau STB.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement