Selasa 16 Nov 2021 15:40 WIB

Daftar Wilayah dan Waktu Gerhana Bulan 19 November

Pada gerhana 19 November, durasi dapat mencapai 2 jam 28 menit.

Tim Observatorium Astronomi Institut Teknologi Sumatera Lampungn berhasil merekam gerhana bulan. ilustrasi
Foto: Dok Itera
Tim Observatorium Astronomi Institut Teknologi Sumatera Lampungn berhasil merekam gerhana bulan. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 19 Novemver nanti akan terjadi gerhana sebagian di Indonesia. Dilansir dari laman Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), pada gerhana sebagian kali ini, permukaan Bulan akan tertutupi 97,85 persen umbra Bumi. Durasi gerhana dapat mencapai 3 jam 28 menit.

Sayangnya, di Indonesia hanya daerah Papua saja yang durasi gerhananya paling lama yaitu 2 jam 20 menit sejak Bulan terbit. Sementara bagian barat Indonesia tidak dapat mengamati puncak gerhana bulan sebagian.

Baca Juga

Gerhana bulan diawali dengan fase awal penumbra yang terjadi pada pukul 13.00.20 WIB. Tidak ada wilayah Indonesia yang bisa menyaksikan fase awal ini karena Bulan masih di bawah ufuk dan belum terbit.

Fase gerhana selanjutnya adalah awal sebagian yang terjadi pada 14.18.21 WIB. Seluruh Indonesia tidak dapat menyaksikan fase awal sebagian arena Bulan masih di bawah ufuk.

Puncak gerhana Bulan sebagian terjadi pada 16.02.53 WIB. Wilayah yang dapat menyaksikan fase puncak antara lain Provinsi Papua Barat (kecuali Kepulauan Raja Ampat), provinsi Papua, sebagian provinsi Maluku (Kota Tual, Maluku Tenggara, Kepulauan Kei, Kepulauan Aru.

Fase akhir sebagian terjadi pada pukul 17.47.23 WIB. Wilayah yang dapat menyaksikan fase ini antara lain Pulau Papua, Kepulauan Maluku, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara, Pulau Madura dan Jawa (kecuali Provinsi Banten, DKI Jakarta, Kota/Kab Bekasi, Kota Depok. Kota Bogor, Kota/Kab Sukabumi, Kab Cianjur, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab Bandung Barat).

Selain itu, fase akhir sebagian juga bisa dilihat di sebagian provinsi Kepulauan Riau (keciali Natuna dan Anambas). Fase sebagian akhir juga bisa disaksikan di Provinsi Bangka Belitung (kecuali Kabupaten Bangka Barat). Fase akhir sebagian bisa diamati dari arah timur laut.

Selanjutnya, fase akhir penumbra terjadi pada pukul 19.05.28 WIB. Seluruh Indonesia dapat menyaksikan fase akhir penumbra.

Selama-lamanya durasi gerhana bulan sebagian, tetap masih lama gerhana bulan total yang durasinya bisa mencapai 5 jam 19 menit sejak kontak awal sebagian (saat Bulan tepat memasuki umbra Bumi) hingga kontak akhir sebagian (saat Bulan tepat meninggalkan umbra Bumi).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement