Sabtu 06 Nov 2021 03:53 WIB

2 dari 3 Pengguna Internet Indonesia Alami Kebocoran Data

Pengguna internet Indonesia juga sering pakai kata sandi yang sama untuk banyak akun.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Password alias kata kunci sebaiknya tak memuat kombinasi yang dapat ditebak dengan mudah.
Foto:

Responden di Indonesia, menurut Amanda, juga sering berbagi informasi pribadi dengan orang dekat. Dalam riset, setidaknya ada tiga dari lima responden membagikan kata sandi kepada teman dan keluarga untuk platform streaming, layanan pesan antar makanan, dan situs niaga elektronik.

"Kebiasaan ini semakin membahayakan jika salah satu akun jejaring memiliki informasi yang berhubungan dengan keuangan, sebenarnya ini adalah masalah yang besar," tutur dia.

Google juga menemukan, sebanyak 74 persen dari responden yang menyimpan informasi keuangan secara daring juga memberitahukan sandi kepada teman dan keluarga. Amanda mengatakan, ini sebaiknya menjadi perhatian bagi para pengguna internet.

Amanda mendorong para pengguna internet untuk melakukan kebiasaan digital yang baik. Misalnya, dengan tidak membagikan kata sandi kepada siapapun termasuk dengan teman atau keluarga.

Selain mengenai keamanan password, Google juga menemukan dalam riset bahwa tiga dari empat responden mengaku melakukan pembelian di situs yang memiliki simbol tanda aman. Dia minta pun meminta masyarakat untuk waspada mengunjungi sebuah situs dengan mencari simbol tanda aman pada bagian kolom alamat pada browser Google Chrome.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement