Kamis 30 Sep 2021 17:59 WIB

Semprotan Hidung Steroid Kurangi Dampak Covid-19

Cleveland Clinic sebut semprotan hidung steroid tidak ditujukan untuk cegah Covid-19.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin flu babi H1N1 diberikan melalui semprotan hidung. Obat semprot hidung yang mengandung steroid dapat membantu meredakan gejala Covid-19, menurut Cleveland Clinic.
Foto:

Semprotan hidung steroid ditujukan untuk meredakan iritasi, alergi, dan hidung tersumbat. Semprotan ini bisa diresepkan atau dibeli tanpa resep.

"Studi ini menunjukkan pentingnya hidung dalam infeksi Covid-19," kata ahli paru Cleveland Clinic Dr Joe Zein dalam sebuah pernyataan.

Menurut Dr Zein, hidung adalah pintu gerbang ke tubuh dan memungkinkan virus masuk dan bereplikasi di dalamnya. Sementara itu, penggunaan kortikosteroid intranasal dapat membantu mengganggu pintu gerbang itu.

Ahli alergi-imunologi dan Direktur Pusat Alergi dan Asma Cleveland Clinic Ronald Strauss mengklaim, temuan pihaknya sangat signifikan, karena menurunkan rawat inap Covid-19, penerimaan ICU, dan kematian dapat meringankan beban sistem perawatan kesehatan dengan sumber daya terbatas di seluruh dunia. Apalagi di negara-negara berkembang yang memiliki keterbatasan dalam mengakses vaksin Covid-19 dan mutasi SARS-CoV2 telah muncul.

Kendati demikian, sistem kesehatan mencatat, studi di masa depan diperlukan untuk mengonfirmasi temuan. Penulis studi secara khusus menyerukan uji coba kontrol acak untuk menentukan apakah semprotan hidung steroid mengurangi risiko akibat terkait Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement