Rabu 29 Sep 2021 09:55 WIB

Aktris Rusia akan Buat Film di Stasiun Luar Angkasa

Aktris dan sutradara dijdwalkan tiba pada 5 Oktober.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
 Gambar selebaran yang disediakan oleh Perusahaan Luar Angkasa Negara Rusia ROSCOSMOS di situs resminya menunjukkan roket pembawa Soyuz-2. ilustrasi
Foto: EPA-EFE/ROSCOSMOS PRESS SERVICE
Gambar selebaran yang disediakan oleh Perusahaan Luar Angkasa Negara Rusia ROSCOSMOS di situs resminya menunjukkan roket pembawa Soyuz-2. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Tiga astronaut memindahkan kapsul kru Soyuz Rusia ke pelabuhan baru di stasiun luar angkasa pada Selasa (28/9). Pemindahan ini dilakukan  untuk memberi ruang bagi kedatangan kendaraan Soyuz lain pekan depan yang membawa kru film Rusia.

Seorang kosmonot dari badan antariksa Rusia Roscosmos, Komandan Soyuz Oleg Novitsky mengemudikan pesawat ruang angkasa selama perjalanan singkat 40 menit. Dia dibantu oleh sesama kosmonot Pyotr Dubrov dan astronot NASA Mark Vande Hei. Prosedur pemindahan berjalan lancar.

Baca Juga

Aktris Rusia Yulia Peresild dan sutradara film Klim Shipenko dijadwalkan tiba pada 5 Oktober bersama kosmonot Anton Shkaplerov. Kedua artis tersebut akan membuat film berjudul The Challenge selama mereka tinggal.

Ini adalah film pertama yang pernah dibuat di luar angkasa. Mereka akan kembali ke Bumi pada 17 Oktober dengan Soyuz MS-18 bersama dengan Novitsky.

 

 “Pendekatan yang sempurna dan docking yang sempurna,” kata juru bicara NASA Rob Navias selama siaran agensi tentang manuver tersebut, dilansir dari Space, Selasa (28/9).

Pesawat ruang angkasa itu terlepas dari modul Rassvet yang menghadap ke Bumi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada pukul 12.21 GMT dan mundur terlebih dulu ke jarak 45 meter dari segmen stasiun Rusia. Pada jarak ini, ia berguling ke samping sebelum bergerak lebih jauh, hingga jarak 120 meter dan membuat jalan memutar pendek menuju segmen Amerika Serikat (AS). Tujuan dari jalan memutar ini adalah untuk mengambil foto dan video baru dari seluruh pos orbit.

Novitsky kemudian menavigasi pesawat ruang angkasa kembali ke segmen Rusia, di mana ia terhubung ke port docking aktif dari modul laboratorium multiguna Nauka yang baru saja tiba pada pukul 13.04 GMT.

“Relokasi hari ini selesai, tempat itu sekarang diset untuk kedatangan Soyuz MS-19 Selasa depan,” kata Navias.

“Banyak aktivitas muncul di Stasiun Angkasa Internasional selama beberapa hari kedepan,” ujarnya lagi.

Docking itu adalah yang pertama di modul sains Rusia yang bermasalah, yang tertatih-tatih ke stasiun luar angkasa pada Juli dengan sistem propulsi yang tidak berfungsi dan masalah telemetri. Modul, yang sebelumnya terganggu dengan penundaan selama pengembangan, menyebabkan situasi darurat tak lama setelah docking ketika pendorongnya menembak secara tak terduga karena kesalahan komputer, menyebabkan seluruh stasiun berputar di sekitar porosnya satu setengah kali.

Vanda Hei dan Dubrov dijadwalkan untuk tetap berada di stasiun sampai Maret 2022. Ketika dia kembali, Vanda Hei akan memecahkan rekor penerbangan luar angkasa tunggal terlama bagi orang Amerika.

Sebelum pengunjung baru tiba, stasiun luar angkasa akan melihat keberangkatan kapal pasokan SpaceX Cargo Dragon yang dikemas dengan peralatan sains dan kargo untuk kembali ke Bumi. Cargo Dragon dijadwalkan untuk dilepas dari adaptor dok Internasional modul Harmony pada Kamis (30/9) pukul 13.05 GMT.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement