Selasa 21 Sep 2021 20:47 WIB

Kiprah Sukses Aplikasi Discord di Masa Pandemi

Discord menjadi salah satu wadah favorit baru untuk saling terhubung di masa pandemi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Yang membedakan Discord dengan beberapa aplikasi komunikasi bersaing lainnya adalah pengguna dapat membuat server sendiri dan bahkan bergabung dengan layanan komunitas publik. Untuk melakukan ini di versi desktop, peng guna harus membuka server prompt.

Di sana, kita dapat membuat server baru atau bergabung dengan server yang sudah ada dengan menempelkan tautan tepercaya yang dikirimkan teman kepada pengguna. 

Membuat server sendiri juga sama sederhananya. Kita dapat memberikan ikon dan nama yang diinginkan, kemudian cukup ketuk buat. Setelah itu, kita akan langsung resmi terdaftar menjadi pengguna Discord.

Di dalam channel, terdapat beberapa grup untuk topik tertentu dan dapat diberi judul sesuai keinginan kita. Awalnya, kita akan melihat dua jenis komunikasi, yakni teks dan suara.

Artinya, menurut video CyberNews "How to use Discord|Discord tutorial 2021", kita akan dapat berkomunikasi menggunakan metode ini di salah satu channel. Kemudian, teman-teman kita akan dapat berbicara dengan kita.

Sementara itu, kita juga dapat membisukan mikrofon atau headphone, lalu menggunakan video atau berbagi layar dengan hingga 50 orang sekaligus.

Untuk menambah teman ke server Discord, apabila kita memakai server Discord, cukup klik di sebelah nama subgrup tertentu, kemudian kita dapat membagikan tautan server dengan teman-teman kita yang tepercaya.

Jika kita menggunakan ponsel, cukup tahan nama channel dan klik undang channel mana pun yang tautannya kita salin. Ini akan menentukan saluran mana yang mereka lihat setiap kali mereka membuka server kita. Misalnya, kita dapat mengatur jika Anda ingin mereka selalu melihat channel utama Anda terlebih dahulu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement