Rabu 15 Sep 2021 13:59 WIB

Ilmuwan Temukan Bukti Laba-Laba Purba Merawat Anaknya

Induk laba-laba kantung telur dari bahaya tetesan getah pohon.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Bukti yang menunjukkan induk laba-laba menjaga anaknya pada 99 juta tahun lalu.
Foto:

Setelah anak-anak laba-laba menetas, mereka tinggal bersama dan dijaga oleh ibu mereka. Sebagaimana dibuktikan oleh potongan kaki lagonomegopidae dari potongan ambar yang sama.

"Ini menunjukkan bahwa bayi laba-laba mungkin menempel di dekat ibu mereka untuk sementara waktu setelah lahir. Para peneliti terkejut dengan bagaimana semuanya cocok dengan indah pada tempatnya. Kami memiliki tiga atau lebih spesimen yang semuanya saling menguatkan dalam cerita," kata dia.

Para peneliti menggunakan CT-scanning untuk melihat mata kecil dan fitur lain yang mengungkapkan identitas laba-laba serta laba-laba kecil dalam detail 3D. Laba-laba lagonomegopidae dapat dibedakan karena mereka memiliki sepasang mata besar yang terletak di sudut depan kepala.  

Fosil lain yang diketahui dari laba-laba ini telah mengungkapkan bahwa mereka memiliki tapetum reflektif di mata mereka mirip dengan makhluk nokturnal lainnya.

 

"Laba-laba yang sekarang sudah punah ini terlihat mirip dengan laba-laba lompat modern tetapi mereka tidak berkerabat sama sekali. Laba-laba dikenal karena menunjukkan perawatan ibu, tetapi contoh fosil ini sangat jarang. Kami berharap laba-laba memiliki naluri keibuan sejak awal, namun, sangat bagus untuk memiliki bukti fisik aktual dari catatan fosil sekitar 100 juta tahun yang lalu," kata dia.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement