Selasa 07 Sep 2021 08:11 WIB

Studi Identifikasi 50 Efek Jangka Panjang Covid-19

Penyintas Covid-19 tampak memiliki setidaknya satu gejala jangka panjang.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Virus corona (ilustrasi). Peneliti di Amerika Serikat telah mengidentifikasi lebih dari 50 efek jangka panjang yang dialami penyintas Covid-19.
Foto:

Peneliti menemukan 80 persen orang dewasa yang pulih memiliki setidaknya satu gejala jangka panjang yang berlangsung selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan setelah terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan, sedang, atau berat. Secara total, tim mengidentifikasi 55 gejala, tanda, dan hasil laboratorium yang persisten, dengan sebagian besar efek yang serupa dengan gejala yang berkembang selama positif Covid-19.

“Penelitian ini mengonfirmasi beban long Covid yang sangat besar yang mendorong urgensi untuk mengenali komplikasi kronis ini. Kita juga perlu dengan mengomunikasikan hal ini kepada masyarakat dan menentukan strategi terapeutik untuk menghindari konsekuensi jangka panjang dari Covid-19,” kata peneliti.

Sementara itu, fase selanjutnya dari penelitian, mereka akan fokus untuk menentukan faktor pemicu yang membuat beberapa individu lebih rentan terhadap long Covid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement